judul gambar
HeadlinesKarangasem

Diguyur Hujan Angin, Pepohonan Bertumbangan di Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Akibat guyuran hujan deras yang disertai angin kencang, telah mengakibat pepohonan bertumbangan di beberapa wilayah Kabupaten Karangasem, Bali bagian timur pada Minggu (31/10/2021) malam.

Salah satunya terjadi di Banjar Dinas Yeh Kali, Desa Seraya Tengah, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem. Di wilayah tersebut sebatang pohon jenis bunut yang memiliki panjang 10 meter dengan garis tengah 40 cm, tumbang melintang menutup jalan.

Akibat tertutupnya seluruh badang jalan yang ada di dusun itu, sempat membuat arus lalu lintas terganggu karena tidak bisa dilewati oleh kendaraan.

Selain di Banjar Yek Kali, pohon tumbang juga terjadi di Perumahan Graha Indah Gargita di Lingkungan Galiran, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem. Sebatang pohon jenis gempinis setinggi 5 meter dengan garis tengah 20 cm, rebah bersamaan denbgan turunnya hujan yang disertai angin kencang.

Pohon yang tumbang tersebut selain menutup akses jalan di lingkungan perumahan itu juga menimpa sebuah bagunan tempat parkir sepeda motor milik Tahrun Hambali.

Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Ketut Arimbawa, Senin (1/11) pagi mengatakan, terkait dengan hujan deras yang mengakibatkan beberapa pohon bertumbangan, pihaknya langsung menginstruksikan TRC BPBD Karangasem untuk secepatnya dapat melakukan penanganan.

“Begitu menerima laporan terkait dengan adanya pohon tumbang, Tim Reaksi Cepat BPBD langsung kami instruksikan untuk datang ke lokasi yang dimaksud guna secepatnya melakukan penanganan,” ujar Arimbawa, menjelaskan.

Arimbawa mengatakan bahwa beberapa pohon yang tumbang tersebut kini sudah berhasil ditangani dengan dibantu oleh masyarakat sekitar. “Bersyukur, dalam dua kejadian tersebut tidak dilaporkan adanya korban jiwa maupun luka-luka,” ucapnya.

Selain di dua wilayah yang telah berhasil dilakukan penanganan itu, belakangan menyusul adanya laporan pohon tumbang di beberapa tempat lain di Kabupaten Karangasem, sehingga harus mengerahkan petugas ke lokasi kejadian.

TRC BPBD kini tengah bergerak guna melakukan penanganan ke lokasi yang dilaporkan telah derjadi pohon tumbang akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Karangasem sejak Minggu sore hingga lewat tengah malam, katanya. (LE-Jun)

Lenteraesai.id