judul gambar
AdvertorialHeadlinesKarangasem

Kunjungi Desa Ban, Wagub Beri Perhatian pada Pemulihan Trauma Pascagempa

Karangasem, LenteraEsai.id – Wakil Gubernur Bali Prof Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho dan Kepala Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab, secara simbolis menyerahkan bantuan bagi korban gempa bumi di Pos 1 Desa Ban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Minggu (24/10/2021).

Bantuan senilai Rp 125 juta itu merupakan sumbangan dari Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD), BPD dan Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali.

Dalam perbincangan dengan Perbekel Desa Ban I Gede Tamu Sugiantara dan sejumlah relawan di posko tersebut, Wagub Cok Ace menekankan pentingnya upaya pemulihan trauma pascagempa, khususnya pada kelompok anak-anak dan perempuan. Untuk itu, selain bantuan berupa materi seperti sembako dan kebutuhan lainnya, ia ingin OPD terkait memberi perhatian pada upaya pemulihan trauma pascagempa tersebut.

Lebih dari itu, Guru Besar ISI Denpasar ini juga menyinggung soal pendistribusian bantuan kepada para korban gempa. Ia berharap ada pola yang baik dalam penyaluran bantuan agar tepat sasaran dan khusus untuk jenis sembako, jangan sampai ada yang kadaluwarsa. Ditambahkan oleh Wagub Cok Ace, bantuan yang disalurkan oleh BMPD ini merupakan wujud empati kepada masyarakat yang menjadi korban gempa M=4,8 pada Sabtu (16/10/2021) pekan lalu.

Sementara itu, Perbekel Desa Ban I Gede Tamu Sugiantara menyampaikan bahwa dari 16 banjar yang ada di wilayahnya, 9 banjar yang posisinya berada di atas perbukitan mengalami kerusakan parah dan 6 banjar di bawah rata-rata mengalami kerusakan ringan.

“Sebanyak 377 rumah mengalami kerusakan total dan 1.083 rusak ringan. Selain itu, 131 pura dan sanggah juga rusak setelah diguncang gempa,” ujarnya. Sugiantara menyebut, bantuan yang saat ini sangat dibutuhkan oleh warga yang kehilangan tempat tinggal, adalah lembaran seng yang akan dimanfaatkan sebagai sebagai tempat berteduh. Sedangkan bantuan berupa sembako dan kebutuhan lain, menurutnya saat ini sudah mencukupi.

Menanggapi hal itu, Wagub Cok Ace yang didampingi Kalaksa BPBD Bali I Made Rentin mengarahkan agar Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali dalam memberikan bantuan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dari para korban gempa.

“Syukur yang dari BI ini bantuan riilnya belum dibawa hari ini. Jadi masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat agar tidak mubazir,” ungkapnya. Selanjutnya, komponen masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan diminta berkoordinasi dengan BPBD provinsi atau kabupaten agar apa yang diberikan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Trisno Nugroho menyampaikan bahwa bantuan yang diserahkan kali ini merupakan wujud kepedulian pelaku usaha perbankan yang tergabung dalam wadah BMPD berkolaborasi dengan BPD Bali dan juga Bank Indonesia.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sengaja mendahului penyerahan bantuan secara simbolis dan datang langsung ke posko untuk mengetahui apa sesungguhnya yang menjadi kebutuhan masyarakat korban gempa saat ini. “Syukur kami ke sini dulu, tadinya jenis bantuan yang akan kami berikan adalah yang sudah tersedia di posko dalam jumlah yang cukup. Tadi kita dengar dari kepala desa, yang dibutuhkan adalah seng. Kami akan atur kembali jenis bantuan yang akan dikirimkam,” ucapnya.  (LE-KR1)

Lenteraesai.id