judul gambar
DenpasarHeadlines

Upacara Nuntun Ida Bhatara Sri Digelar Serangkaian Pembangunan Gedung SMAN 11 Denpasar

Denpasar, LenteraEsai.id – Bertepatan dengan Tilem Sasih Ketiga wara Landep dan Kajeng Kliwon Uwudan pada Senin, 6 September 2021, dilaksanakan pecaruan alit dan ngeruak tanah di atas lahan yang akan dipakai untuk pembangunan Gedung SMAN 11 Denpasar.

Lahan yang dipakai untuk pembangunan gedung tersebut terletak di wilayah Subak Tegallantang, Banjar Padangsumbu Kaja, Desa Padangsambian Kelod, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar.

Usai ritual pecaruan dan ngeruak tanah, upacara dilanjutkan dengan nuntun Ida Bhatara Sri/Nini ke Pura Ulun Dugul, Padangsambian.

Ketua Komite SMAN 11 Denpasar Drs I Wayan Diana menjelaskan, ritual hari ini bertujuan untuk menyucikan dan alih fungsi lahan dari yang sebelumnya areal pesawahan menjadi bangunan gedung sekolah.

Upacara dipuput (dipimpin) Jero Mangku Ida Bagus Alit dari Geria Padangsumbu Kaja.  “Upacara ini dinamakan ngeruak (membuka). Sesuai dengan prosesi Hindu, setiap akan mulai melakukukan pembangunan fisik, selalu diawali dengan serangkaian upacara,” ucapnya.

Upacara mulai dari pecaruan, ngeruak tanah hingga nuntun Ida Bhatara Sri, dilakukan umat serangkaian membangun berbagai hal, baik itu perkantoran, sekolah, rumah maupun tempat suci yang akan memamfaatkan areal pekarangan, tegalan atau lahan sawah.

Pensiunan pegawai perhotelan itu menjelaskan, serangkaian upacara tersebut selain bertujuan penyucian, juga mengandung makna memohon keselamatan dan kelancaran terhadap semua proses pembangunan dilakukan.

Serangkaian upacara pecaruan, ngeruak dan nuntun Ida Bhatara Sri siang itu juga diisi dengan sembahyang bersama. Tampak hadir dalam kegiatan itu Kepala SMAN 11 Denpasar Drs Ketut Sumandhi Arta, Komiten Sekolah, unsur Desa Padangsambian Kelod dan sebagainya.

Sebagaimana diberitakan LenteraEsai (LE) sebelumnya, Pemprov Bali tahun 2021 ini membangun sejumlah gedung SMAN dan SMKN, di antaranya SMAN 11 Denpasar, di mana pembangunannya untuk  menjawab lubernya lulusan SMP pada setiap tahunnya.

Pada tahun ajaran 2021/2022 (angkatan perdana Red-), SMAN 11 Denpasar tercatat menerima murid dalam 9 kelas, terdiri atas 5 kelas jurusan IPA dan 4 kelas jurusan IPS.  (LE/Ima)

Lenteraesai.id