judul gambar
HeadlinesTabanan

TNI Pasang Pompa Hidram Untuk Dongkrak Hasil Pertanian di Tabanan

Tabanan, LenteraEsai.id – Kodim 1619/Tabanan melakukan pemasangan pompa hidram untuk mengalirkan air ke kawasan lahan pertanian penduduk di Subak Nyampuan di Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto SIP bersama Asisten II Pemkab Tabanan I Wayan Kotio dan Forum Koordinasi Kecamatan Selemadeg Timur, meletakkan batu pertama pembangunan pompa hidran tersebut pada Jumat (16/7/2021).

Dandim 1619/Tabanan mengatakan, pemasangan pompa hidram tersebut merupakan salah satu kegiatan Non Program Kodam IX/Udayana yang harus ditindaklanjuti oleh satuan di bawah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan.

“Pada kesempatan kali ini kita membantu Subak Nyampuan, Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur yang selama ini mengalami kesulitan air untuk mengaliri lahan pertanian,” kata Dandim dengan menambahkan, areal subak seluas kurang lebih 220 hektare itu, selama ini dikelola oleh 400 orang anggotanya.

Ia menyebutkan, kegiatan atau program ini terlaksana atas koordinasi antara pihak Subak Nyampuan, Perbekel Tangguntiti serta Babinsa Tangguntiti yang melaporkan dan mengajukan permohonan pemasangan pompa hidram untuk lahan pertanian tersebut yang kemudian ditindaklanjuti oleh Kodim 1619/Tabanan.

“Adapun rencana pemasangan pompa hidram untuk lahan pertanian tersebut sebanyak 10 unit yang nantinya digunakan untuk mengangkat air dari sumber di aliran Sungai Tukad Yeh Ho,” ucapnya.

Dandim mengatakan, selama ini Subak Nyampuan Tangguntiti hanya dapat menanam padi sekali dalam setahun dan selanjutnya ditanami palawija, bahkan bila di musim kemarau tidak dapat menanam sama sekali.

“Dengan terpasangnya pompa hidram, Subak Nyampuan diharapkan dapat melakukan penanaman padi 2 hingga 3 kali dalam setahun, sehingga meningkatkan produksi pertanian,” ujarnya, mengharapkan.

Dalam pengerjaannya TNI bersama masyarakat dan Subak Nyampuan akan bergotong royong untuk mewujudkan pembangunan pompa hidram tersebut, sehingga diharapkan dapat segera terealisasi dan kesulitan air untuk lahan pertaniannya dapat diatasi, serta tentunya bermuara untuk mendongkrak peningkatan hasil-hasil pertanian di subak tersebut.

Hadir dalam kegiatan peletakan batu pertama pembangunan pompa hidram tersebut di antaranya Bupati Tabanan diwakili Asisten II Tabanan I Wayan Kotio, Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry SIP, Pabanda Faskon Slogdam IX/Udayana Mayor Czi Yudhi Wiyanto, Camat Selemadeg Timur I Putu Supraja SSTP, Danramil 1619-02/Selemadeg Kapten Inf I Made Sudiarcana, Perbekel Tangguntiti I Gede Astra Wijaya, Kelian Subak I Putu Edy bersama anggota Subaknya.  (LE-DP)

Lenteraesai.id