judul gambar
HeadlinesKarangasem

Nelayan Sulawesi yang Terdampar di Tulamben, Hari ini Pulang ke Kampung Halamannya

Karangasem, LenteraEsai.id – Sumaila Sikki (58), nelayan asal Sulawesi Selatan yang sempat viral karena bisa bertahan selama belasan hari di tengah laut sebelum ditemukan terdampar di perairan Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, akhirnya kembali pulang ke kampung halamannya, Kamis (1/7).

Kasat Polairud Polres Karangasem AKP I Gusti Agung Bagus Suteja, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa nelayan Sumaila Sikki hari ini akan kembali pulang ke kampung halamannya di Sulawesi Selatan. Bahkan pihaknya juga memerintahkan personelnya yaitu Aipda I Gede Nuada bersama dengan Bripka I Wayan Suji untuk memfasilitasi hingga perjalanannya kembali ke kampung dapat berjalan lancar. 

“Kami juga sudah melengkapi korban dengan surat keterangan jalan sehingga dalam perjalanannya pulang dapat dibantu kelancarannya oleh pihak terkait sampai tiba di tanah kelahirannya,” kata AKP Gusti Agung Bagus Suteja.

Nelayan Sumaila akan berangkat melalui Pelabuhan Padangbai, Manggis dengan menggunakan kapal feri KMP Muryati menuju Pelabuhan Lembar, NTB. Dari Pelabuhan Lembar, Sumaila selanjutnya akan menuju Sumbawa dan dari Sumbawa akan menyeberang menuju kampung halamannya yaitu Pulau Satanger, Sulawesi Selatan.

Menjelang keberangkatannya, Sumaila Sikki menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas, masyarakat dan nelayan asal Batudawa, Tulamben yang sudah membantunya selama mengalami musibah di perairan, dan sudah mengumpulkan dana baik atas nama kelompok nelayan maupun  pribadi untuk bekal kepulangan ke kampung halaman. 

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Kelian Banjar Adat Batudawa Kelod, I Ketut Winata yang sudah memberikan tempat tinggal dan kebutuhan selama berada di Batudawa serta kepada petugas yang sudah memfasilitasi komunikasi dengan keluarga serta kepulangannya saat ini.

“Saya berharap kepada pihak-pihak terkait juga dapat membantu kelancaran pemulangan korban untuk sampai ke kampung halamannya,” kata AKP Gusti Agung Bagus Suteja, menandaskan.

Seperti telah diberitakan, Sumaila Sikki yang pergi melaut untuk menangkap ikan di wilayah perairan Sulawesi Selatan, tiba-tiba mesin perahunya rusak hingga kemudian tergiring arus gelombang kuat, terapung-apung selama 15 hari di lautan yang tidak diketahui ke mana arahnya.

Setelah 15 hari dimainkan gelombang, akhirnya Sumaila ditemukan terdampat oleh nelayan di sebuah rumpon milik penduduk yang ada di perairan Tulamben, Kabupaten Karangasem pada Senin (28/6) lalu.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id