judul gambar
HeadlinesJembrana

Dirjen Vokasi: Simulator Boeing 737-800 NG-K Milik SMK Penerbangan Cakra Nusantara, Satu-satunya di Indonesia

Denpasar, LenteraEsai.id – Fasilitas belajar adalah hal yang sangat penting bagi terselenggaranya proses belajar mengajar. Fasilitas belajar pertama dan satu satunya di Indonesia kini dimiliki SMK Penerbangan Cakra Nusantara Denpasar, yakni perangkat Simulator Boeing 737-800 NG-K.

Dengan teknologi terkini dan update, SMK Penerbangan Cakra Nusantara yang telah terakreditasi A Unggul, telah ditetapkan sebagai SMK pusat keunggulan sesuai SK Dirjen Vokasi No.22/D/O/2021, sekaligus Sekolah Penggerak 2021 menciptakan sebuah inovasi terkini yang dapat menunjang pengetahuan lebih mendalam mengenai penerbangan.

Simulator Boeing 737-800 Next Generation ini merupakan terobosan baru yang hadir di SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Melalui media pembelajaran ini, diharapkan taruna/i yang berada di sekolah dapat mempelajari penggunaan alat-alat di dalam cockpit pesawat sehingga menjadi dasar sebelum terjun ke DU/DI.

Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Wikan Sakarinto ST MSc PhD menyatakan, “SMK Penerbangan Cakra Nusantara keren, sangat luar biasa bisa membuat berbagai simulator bersama industri dan tahun 2021 ini menjadi SMK Pusat Keunggulan – Center of Excellence dan menjadi Leader Pengembangan Vokasi di seluruh Indonesia, maka tidak usah ragu lagi menyekolahkan anak Bapak-Ibu di sekolah Vokasi, SMK Penerbangan Cakra Nusantara.”

Pelaksanaan pembelajaran teori di sekolah juga didukung oleh fasilitas yang lengkap yang menunjang gaya belajar taruna/i-nya. Fasilitas tersebut di antaranya Mobil Simulator Pesawat, mobil tv dan radio streaming ruang belajar 3D iMax, Multibahasa, IT Teaching Room, dan ruang terbalik, pipa berbisik dan masih banyak lagi, ucapnya.

Sementara Humas SMK Penerbangan Cakra Nusantara menjelaskan, pembelajaran di SMK Penerbangan Cakra Nusantara menerapkan pembelajaran Daring dan Luring sesuai dengan Surat Keputusan Bersama Mendikbud, Menkes, Menag dan Mendagri No.01/KB/2020, ditunjang dengan digital entertain experience education system atau D-3-E-S, penerapan system e-Learning atau pembelajaran elektronik serta video conference bersama DU/DI untuk menunjang pengetahuan dan kompetensi saat menjalankan praktik dengan teknologi terupdate serta dengan pesawat yang masih beroperasi (bukan pesawat usang) secara langsung di DU/DI.

Simulator Boeing 737-800 NG-K ini menjadi Labaoratorium simulasi pesawat bagi seluruh taruna/i SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Mobil simulator pesawat ini secara berkala juga dikunjungi SMP negeri dan swasta di seluruh Bali.

“Jadi, jika sekolah kamu belum dikunjungi mobil simulator pesawat ini, kamu bisa menghubungi nomor whatshap 081237098090,” ucapnya, menjelaskan.

Selain fasilitas yang mumpuni, seluruh pengelola management SMK Penerbangan Cakra Nusantara beserta guru produktif telah tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Tak hanya pengelolanya, seluruh taruna/i setelah lulus juga telah memperoleh sertifikasi BNSP di antaranya: Sertifikasi Komputer, Bahasa Inggris, serta sertifikasi sesuai dengan kompetensi keahliannya seperti: Ticketing and Reservation, Fluid Power, Kelistrikan, Human Factor and Safety Management System.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara mencetak generasi berprestasi, meraih Akreditasi A Unggul, lulusan berdaya saing tinggi dan alumni SMK Penerbangan Cakra Nusantara mudah terserap. Memiliki mobil simulator pesawat pertama dan satu satunya di Indonesia, ruang belajar menyesuaikan dengan gaya belajar taruna-taruninya serta memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

LSP SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah resmi menjadi sebuah lembaga sertifikasi profesi dengan Lisensi Nomer: KEP.0078/BNSP/I/2020 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia (BNSP).

Faktanya terbukti tahun 2019 meraih peringkat 2 SMK swasta terbaik se Kota Denpasar, tahun pelajaran 2018/2019 SMK Penerbangan Cakra Nusantara menduduki peringkat ke-4 terbaik SMK dengan 97% nilai UNBK di atas rata-rata Provinsi Bali, katanya.  (LE-JB)

Lenteraesai.id