judul gambar
HeadlinesKarangasem

Tepati Janji, Karangasem Segera Punya PTN, Tahun 2022 Siap Terima Mahasiswa Baru

Karangasem, LenteraEsai.id – Keseriusan Bupati Karangasem I Gede Dana  menepati janji untuk merealisasikan satu per satu visi misinya semakin nampak ke permukaan. Salah satu program pembangunan Karangasem dalam lima tahun ke depan, khususnya sektor pendidikan dengan penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang handal, diwujudkan Bupati asal Datah tersebut dengan menggandeng Politeknik Negeri Bali (PNB).

Bupati Dana bahkan bersedia turun langsung membawa surat permohonan untuk fasilitasi pendirian perguruan tinggi negeri (PTN) ke kampus PNB di Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung, Senin (21/6) 

Bupati Dana mengungkapkan, kedatangannya ke kampus PNB tersebut sebagai tindak lanjut dari audiensi pihak PNB yang sebelumnya telah datang ke Kabupaten Karangasem untuk menawarkan kerja sama dalam bidang pendidikan. 

Ia menambahkan, dirinya tidak ingin menjanjikan hal yang tidak pasti bagi masyarakatnya. Selama ini, ia menyadari bahwa ada banyak masyarakat Karangasem yang ingin di daerahnya dibuka perguruan tinggi negeri. 

“Mohon doa seluruh masyarakat Karangasem, astungkara tahun 2022, perguruan tinggi negeri sudah bisa menerima mahasiswa baru. Sebagai tindak lanjut pendirian PTN ini, saya tadi didampingi Sekda Karangasem dan Kadisdikpora membawa surat permohonan untuk fasilitasi pendirian perguruan tinggi negeri,” ujar Bupati Dana, sembari menceritakan saat dirinya datang ke kampus tersebut, secara kebetulan Dirjen Vokasi ada di Poltek Negeri Bukit, sehingga surat permohonan langsung mendapat respon.

Bupati Dana menyebutkan, dari hasil pertemuan dengan Diksi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarianto didampingi Direktur Politeknik Negeri Bali I Nyoman Abdi, pihak PNB sangat mendukung dan akan memfasilitasi agar tahun 2022 sudah bisa menerima mahasiswa baru. 

“Untuk di awal pendirian, fakultas yang akan dibuka adalah jurusan industri pariwisata dan industri kreatif. Semoga tahun ke depannya bisa membuka kembali jurusan yang lainnya, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh merantau untuk melanjutkan pendidikannya,” kata Bupati Dana. (LE-Jun)

Lenteraesai.id