judul gambar
HeadlinesKarangasem

Gempa Lombok Utara Guncang Wilayah Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Gempa bumi berkekuatan 4.2 SR terjadi pada hari Jumat, 4 Juni 2021 pukul 21.00 Wita. Gempa berlokasi pada 8.35 LS, 116.08 BT, atau 8 kilometer barat laut Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Gempa berkedalaman 19 km itu guncangannya tidak hanya dirasakan di wilayah Lombok Utara, namun juga hingga Lombok Timur, Kota Mataram dan Kabupaten Karangasem, Bali bagian timur.

Plt Kalaksa BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa menyatakan, berdasarkan hasil koordinasi dari tim teknis peringatan dini BPBD Karangasem, getaran gempa dilaporkan terasa di sejumlah wilayah, antara lain di Kecamatan Kubu, Abang, Bebandem, Manggis, Selat dan Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

Akibat guncangan yang dirasakan cukup kuat, tidak sedikit warga di beberapa daerah itu yang terperanjat lari keluar rumah untuk tujuan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dari getaran gempa.

Namun demikian, sejauh ini belum ada warga yang melaporkan tentang adanya kerusakan bangunan fisik dari kejadian yang muncul di tengah kegelapan malam itu.

“Untuk dampak gempa, sampai saat ini masih nihil, dan kondisi Kabupaten Karangasem secara umum masih kondusif,” ujar Plt Kalaksa Arimbawa, menjelaskan.  (LE-KR)

Lenteraesai.id