judul gambar
AdvertorialHeadlinesKlungkung

Bupati Suwirta: Kawal Pengerjaan Embung di Desa Getakan

Klungkung, LenteraEsai.id – Masalah air sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diperlukan perjuangan tersendiri agar warga tidak sampai terdampak kekurangan air jika musim kemarau tiba.

Terkait dengan ini, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau lokasi rencana pembangunan embung di Dusun Beneng, Desa Getakan, Kacamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Kamis (13/5). Turut hadir Kadis PU Kabupaten Klungkung I Made Jati Laksana, PPK Air Baku BWS Bali Penida Agus Bawantu serta instansi terkait lainnya.

Dalam tinjauannya tersebut, Bupati Suwirta menugaskan Kadis PU dan Perbekel Desa Getakan agar bisa mengawal pengerjaan pembangunan embung ini dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut dilakukan supaya proses pengerjaannya bisa berjalan secara maksimal dan selesai tepat pada waktu yang ditentukan. “Kawal dan jaga proses pengerjaan pembangunan embung ini dengan baik,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga menambahkan, semoga pelaksanaan pembangunannya juga berjalan maksimal dan sesuai dengan rencana. Hal yang paling penting, masyarakat setempat tentunya juga diharapkan bisa menjaga dan merawatnya dengan baik. “Semoga pelaksanaan pembangunannya bisa berjalan maksimal dan tentunya nanti dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Sementara, PPK Air Baku BWS Bali Penida I Gede Agus Bawantu mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk terciptanya sistem penyediaan air irigasi dan air baku yang dapat berfungsi secara optimal untuk mengatasi permasalahan kebutuhan air bagi masyarakat.

Adapun beberapa sasaran yaitu untuk mengatasi keterbatasan pelayanan air dalam pemenuhan air irigasi dan mengatasi keterbatasan pelayanan air minum bagi masyarakat dengan cakupan yang lebih luas.

Sumber dana pembangunan tersebut dari APBN tahun 2021 dengan nilai kontrak Rp 7.765.893.000. Selaku pelaksana PT  Shuar Karya Utama. Selain itu, bentang bendungnya sendiri 25 meter, sampai di batas pinggir kanan kiri mencapai 37 meter untuk genangan ke arah hulu sampai 200 meter dan kedalamannya 9,5 meter, ucapnya.  (LE-KL)

Lenteraesai.id