judul gambar
HeadlinesNasional

Tanggapi Foto Pengungsi Ilaga di Medsos, Polda Papua: Itu Hoaks!

Jayapura, LenteraEsai.id – Sejumlah foto beredar memperlihatkan orang-orang nampak berbondong-bondong meninggalkan kampung halamannya. Foto diberi keterangan penduduk tengah mengungsi dari tanah kelahirannya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, dikarenakan ketakutan jadi korban intimidasi operasi militer.

Menanggapi beredarnya foto tersebut, Polda Papua memastikan bahwa sejumlah foto pengungsi di Ilaga Kabupaten Puncak yang diunggah oleh akun @albertsamuel28 dan @PapuanLives di Twitter adalah hoaks.

Dalam unggah @albertsamuel28 itu tertulis Masyarakat Ilaga, Papua memilih mengungsi dari atas tanah dan rumah mereka sendiri, karena takut menjadi korban salah sasaran dan korban intimidasi operasi militer.

Sementara pada @PapuanLives menuliskan URGENT!!! Kondisi di Ilaga, Kab. Puncak. Masyarakat mengungsi dari kampung halaman mereka sendiri. Mari kita doakan daerah Puncak kembali aman.

Kedua unggahan juga disertai sejumlah foto yang menggambarkan masyarakat berbondong-bondong mengungsi.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal menjelaskan, dari hasil pemeriksaan pada foto tersebut didapati fakta bahwa foto-foto yang dihadirkan merupakan dokumentasi pada Maret – Juli 2020 yang diambil oleh Humas Polda Papua, dan dikirimkan kepada awak media sebagai bahan dokumentasi pemberitaan.

“Foto tersebut merupakan foto warga Kampung Banti dan Kimbeli di Kabupaten Mimika yang mengungsi dan minta perlindungan kepada aparat keamanan, karena kampungnya telah dikuasai KKB, sehingga masyarakat merasa terancam dan tertekan,” ujar Kombes Pol AM Kamal, Jumat (30/4/21) malam.

Kabid Humas Polda Papua menjelaskan, foto yang diunggah @albertsamuel28 dan @PapuanLives banyak beredar di mesin pencarian internet. “Jika kita mencari di Google dengan kata kunci pengungsian Tembagapura 2020, maka akan muncul gambar yang diunggah @albertsamuel28 dan @PapuanLives,” kata perwira menengah Polda Papua itu.

Kombes Pol AM Kamal berharap masyarakat tidak terpancing dengan setiap informasi maupun provokasi yang belum jelas sumbernya, karena hal tersebut akan merugikan diri sendiri maupun orang lain, serta dapat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Mari kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di tanah Papua agar tetap aman dan kondusif,” kata Kabid Humas Polda Papua, mengingatkan. (LE-JY)

Lenteraesai.id