judul gambar
HeadlinesKarangasem

Belasan Ribu Kendaraan Bermotor Nunggak Bayar Pajak di Karangasem

Amlapura, LenteraEsai.id – Sebanyak 18.456 unit kendaraan bermotor tercatat nuggak bayar pajak di Kabupaten Karangasem, mulai dari kendaraan roda dua, roda empat hingga kendaraan besar seperti truk.

“Tunggakan pajak paling banyak terjadi pada kendaraan roda dua,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Samsat Kabupaten Karangasem, I Gusti Nyoman Adi Wijaya, di Amlapura, Senin (26/4).

Adi Wijaya menambahkan, tunggakan pajak nilainya bervariasi mulai dari Rp1 juta hingga Rp5 juta dengan nilai total tunggakan mencapai Rp7.8 miliar lebih.

Untuk para wajib pajak yang masih menunggak, Adi Wijaya mengaku sudah menyuruh petugas untuk mendatangi langsung para wajib pajak tersebut dengan cara door to door ke masing-masing rumah.

“Dari 18.456 unit yang menunggak, baru 2.121 unit yang membayar, sisanya masih belum dengan alasan kendaraan rusak, sudah dijual dan tidak punya uang,” kata Adi Wijaya, mengungkapkan.

Selain itu, lanjut dia, pandemi Covid-19 juga sangat mempengaruhi masyarakat untuk kurang taat dalam membayar pajak kendaraannya. Jika mereka punya uang, pasti lebih memilih untuk biaya hidup sehari-hari, ketimbang membayar pajak.

“Saya maklum dengan kondisi ekonomi masyarakat saat ini, semuanya pasti merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Tapi, pajak kendaraan bermotor juga tetap harus dibayar,” kata Adi Wijaya, menandaskan. (LE-Jun)

Lenteraesai.id