judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlines

Wagub Harapkan Partai Golkar Mampu Lakukan Pendidikan dan Komunikasi Politik di Masyarakat

Denpasar, LenteraEsai.id – Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menyampaikan bahwa kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Partai Golkar ini dipandang sangat strategis dan penting maknanya dalam menyusun langkah dan program kerja partai untuk tahun-tahun mendatang.

Karenanya, Rakerda ini hendaknya dapat dijadikan media untuk saling memberikan masukan dan dukungan dari berbagai sektor. Bukan hanya dimaksudkan sebagai wahana evaluasi program kerja semata, akan tetapi dijadikan sebagai wahana pemantapan eksistensi organisasi melalui peningkatan program kerja yang sekaligus dibarengi peningkatan kemampuan personel anggota.

Hal tersebut disampaikan Wagub Cok Ace serangkaian pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Partai Golkar Provinsi Bali, di Inna Grand Bali Beach Denpasar, Sabtu (10/4).

Peran partai politik dalam perjalanan bangsa Indonesia ini sangatlah penting, terutama terkait sistem politik di Indonesia, karena sebagai poros utama dalam sistem demokrasi, partai politik bukan hanya sebagai wadah mempersiapkan seseorang dalam menduduki jabatan di lembaga legislatif dan juga eksekutif, tetapi partai politik juga berperan untuk mengintegrasikan individu atau kelompok masyarakat ke dalam sistem politik, serta memperjuangkan kebijakan partai berdasarkan aspirasi dan kepentingan masyarakat.

Oleh karena partai politik dituntut untuk melaksanakan peran dan fungsinya sebagai lembaga perumus sarana untuk mencapai cita-cita bangsa, sehingga dituntut untuk mampu mengerahkan artikulasi arah dan tujuan partai, karena partai politik memiliki sejumlah kewajiban, antara lain melakukan sosialisasi, pendidikan politik, pembekalan, rekrutmen serta komunikasi politik kepada semua warga negara, ucapnya.

Rakerda dan Rapimda Partai Golkar Provinsi Bali yang dibuka langsung oleh Ahmad Doli Kurnia Tandjung selaku Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar dan dihadiri sejumlah petinggi Partai Golkar lainnya, diharapkan dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang bermanfaat bagi anggota (pada khususnya) dan pembangunan nasional dan juga pembangunan daerah Bali.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung
mengatakan, Rakerda Partai Golkar kali ini akan membahas beberapa hal penting, salah satunya terkait revisi Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 mengenai hubungan keuangan pusat dan daerah. Hal ini menjadi sangat penting karena Bali merupakan daerah yang memiliki daya tarik atau daya khas kepariwisataan yang unggul dari daerah lainnya, sehingga membutuhkan perlindungan secara hukum.

Di samping itu, kata Ahmad Doni, Golkar juga diharapkan mampu mendukung pembangunan Bali sejalan dengan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ melalui pola pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru, serta dapat turut berperan menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya untuk mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia, sekala-niskala menuju kehidupan krama dan gumi Bali sesuai dengan prinsip Trisakti Bung Karno: berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan melalui pembangunan secara terpola, menyeluruh, terencana, terarah, dan terintegrasi dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila 1 Juni 1945.   (LE-DP)

Lenteraesai.id