HeadlinesKarangasem

Jelang Galungan dan Kuningan, Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil di Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Menjelang tibanya Hari Raya Galungan dan Kuningan, Sekda Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Amlapura Timur dan Pasar Amlapura Barat, Kamis (8/4).

Kehadiran Sekda Sedana Merta di kedua pasar tersebut adalah untuk memastikan ketersediaan bahan pokok, sekaligus mengharapkan masalah harga aneka kebutuhan tetap stabil menjelang dan saat Hari Raya Galungan dan Kuningan mendatang. 

“Meski pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan ekonomi masyarakat tidak stabil, namun saya tidak mau terjadi lonjakan harga yang cukup signifikan hingga memberatkan masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan,” kata Sekda Sedana Merta, menjelaskan.

Dalam pantauannya di kedua pasar tersebut, Sekda Sedana Merta mengatakan bahwa kenaikan harga bahan pokok diketahui tidak terlalu melonjak, malah justru cenderung relatif stabil. 

“Walaupun demikian, untuk beberapa kebutuhan lainnya seperti daging babi dan daging sapi, terpatau mengalami sedikit kenaikan,” kata Sekda mengungkapkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem I Wayan Sutrisna mengatakan, Tim TPID tidak hanya melakukan sidak menjelang hari raya saja, tapi setiap hari juga melakukan pemantauan sesuai dengan jadwal yang sudah disusun sebelumnya. 

“Kami setiap hari terus melakukan pemantaau ke pasar-pasar sesuai dengan jadwal, dan sampai saat ini dari hasil yang diperoleh di lapangan, tidak ditemukan adanya lonjakan harga kebutuhan pokok yang terlalu tinggi,” ucap Sutrisna. 

Sutrisna menambahkan, dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, kemungkinan akan terjadi kenaikan harga, tapi diduga kuat hanya pada kisaran dua sampai lima persen saja, tidak sampai melonjak drastis seperti yang tidak diharapkan. (LE-Jun)

Lenteraesai.id