judul gambar
DenpasarHeadlines

Bantu Kebutuhan Warga Jelang Galungan, Wawali Denpasar Tinjau Pasar Murah

Denpasar, LenteraEsai.id – Wakil Wali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa meninjau pelaksanaan pasar murah menjelang Hari Raya Galungan yang diselenggarakan Pemkot Denpasar di halaman parkir Krisna Oleh-oleh Jalan Nusa Kambangan Denpasar, Kamis (6/4).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster, Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara beserta Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa. Mereka bekesempatan meninjau sambil berbelanja di stand-stand sembako, perlengkapan sarana sembahyang, dan stand buah-buahan.

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster mengapresiasi langkah yang dilaksanakan Pemkot Denpasar bersama TP PKK Kota Denpasar dengan menggandeng salah satu gerai ternama dalam penyelenggaraan pasar murah.

Dengan diadakannya pasar murah, tentunya akan dapat memecah kerumunan warga yang terjadi di pasar rakyat, dan juga dapat membantu masyarakat untuk berbelanja lebih murah di masa pandemik seperti sekarang ini, ucapnya.

Wakil Wali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, kegiatan ini rutin diadakan setiap menjelang Hari Raya Galungan guna menjaga stabilitas harga di pasaran. Meskipun dalam keadaan pandemi, pihaknya tetap mengadakan kegiatan Pasar Murah Galungan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hari raya, namun pelaksanaanya dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan.

“Kegiatan ini kami laksanakan guna memberi semangat kepada pelaku UMKM di masa pandemi, meskipun kemungkinan daya beli masyarakat berkurang, tetapi dengan adanya pasar murah ini dapat membantu kebutuhan sembako dan keperluan upakara dengan harga yang lebih murah,” ujarnya.

Wawali berharap dengan adanya kegiatan ini perekonomian mulai menggeliat lagi. Dengan ini pihaknya terus mendorong pelaku usaha untuk tetap bersemangat di tengah pandemi. Dalam kegiatan ini juga pihaknya akan melakukan evaluasi dan melihat respon masyarakat ke depannya.

“Kami berharap para pelaku usaha terus bersemangat. Evaluasi akan kami lakukan dan tidak menutup kemungkinan jika akan dilaksanakan kembali di waktu-waktu mendatang,” ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny Antari Jaya Negara mengatakan, pasar murah atau pasar gotong royong ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap menyambut Hari Raya Galungan maupun Kuningan. Di mana kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga yang sering terjadi setiap menjelang Hari Raya Galungan. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membantu memasarkan hasil panen para petani dan produk UMKM Denpasar.

Dalam pasar murah ini, lanjut dia, pihaknya langsung melibatkan puluhan pelaku usaha serta komunitas binaan PKK Kota Denpasar. Pasar murah selama 2 hari, 6-7 April, dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Yakni semua pedagang maupun pengunjung sebelum masuk areal pasar murah wajib cuci tangan, mengukur suhu badan, serta menggunakan masker dan handsanitizer.

“Dengan adanya pasar murah di musim pandemi ini diharapkan bisa membantu para petani, UMKM dan masyarakat agar tidak berdesak-desakan belanja ke pasar rakyat dan dari segi harga tentunya terjangkau,” ucapnya, menandaskan. (LE-DP)

Lenteraesai.id