judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Ny Surya Adnyani Mahayastra Tinjau Uji Kompetensi Barista

Gianyar, LenteraEsai.id – Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra meninjau pelaksanaan Uji Kompetensi Pelatihan Kecakapan Hidup Barista, di Kori Maharani Villa and Resort, Gianyar, Minggu (4/4/2021).

Ny Surya Adnyani tampak didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Wayan Sadra, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar Luh Gede Eka Suary, serta Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar Dewa Ngakan Manuaba.

Dalam kesempatan tersebut Ny Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, Pelatihan Barista ini dilaksanakan sejak 17 Maret hingga 5 April 2021. Saat ini para peserta pelatihan melaksanakan uji kompetensi yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan H Marthin Lase selaku asesor penguji. Uji kompetensi dilaksanakan dalam 2 hari yaitu 3 – 4 April 2021.

Menurut Ny Surya Adnyani Mahayastra, uji kompetensi dari lembaga sertifikasi profesi merupakan hal yang menegangkan bagi para peserta. Karena setelah mereka dilatih selama 20 hari dengan pembekalan materi dan juga mental, kini harus dibuktian melalui hasil uji.

Kekemampuan yang dilatih selama 20 hari, kini mereka akan diuji dalam 2 hari ini.  “Dalam pelaksanaan uji kompetensi yang kini kami pantau, semua sudah berjalan dengan baik, berjalan dengan sukses. Tentunya nanti pada saat semua sudah diuji, semoga dari uji kompetensi ini semua adik-adik kita lulus,” ujar Ny Surya Adnyani Mahayastra, mengharapkan.

Ia juga berharap Pelatihan Barista kerja sama TP PKK Kabupaten Gianyar dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar ini, dapat menjadikan para peserta siap bekerja. Dari 17 peserta yang sudah dilatih, ada beberapa memang sudah ada bekerja di coffee shop dan ada juga yang sudah membuka usaha. Artinya bahwa apa yang dilakukan memang riil di lapangan. Inilah potensi yang ada dan dibutuhkan oleh masyarakat tentunya untuk generasi milenial. Sehingga Ny Surya Adnyani Mahayastra optimis Pelatihan Barista ini bisa membuka peluang usaha bagi mereka serta kegiatan ini akan bisa berlanjut setiap tahunnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Wayan Sadra mengatakan, peserta yang selesai melakukan pelatihan, dapat diberikan pengakuan ketika mereka memiliki sertifikasi guna mendukung dalam mencari pekerjaan.

Dari dasar itu, Dinas Pendidkan Kabupaten Gianyar bersama TP PKK Kabupaten Gianyar serta PT Bank Daerah Gianyar (Perseroda), mengupayakan sgar anak-anak remaja yang betul-betul telah selesai melakukan pelatihan tersertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi, dipandang perlu untuk dilakukan uji kompetensi. “Dilakukanlah uji kompetensi oleh lembaga sertifikasi profesi dari Jakarta” ujar Wayan Sadra.

Salah seorang peserta dari Uji Kompetensi Barista, Adi Sastrawan, mengatakan dirinya pernah bekerja di salah satu kapal pesiar sebagai bartender, tetapi sekarang sudah tidak lagi. Sehingga sekarang dirinya lebih senang bergelut dengan meracik kopi, barista.

Setelah mengikuti pelatihan, ia mengaku bangga dan senang mendapatkan sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi. Sehingga untuk ke depannya kalau ada jalan, dirinya ingin membuka bisnis, tetapi jika belum ada peluang bisnis akan bergelut di bidang ini dan akan tetap belajar menguasai barista dengan lebih baik lagi.  (LE-GN1)

Lenteraesai.id