judul gambar
HeadlinesKarangasem

Dari Ratusan Gedung SD di Karangasem, 8,31 Persen Mengalami Kerusakan Berat

Amlapura, LenteraEsai.id – Sebanyak 357 gedung atau bangunan sekolah dasar (SD) dewasa ini tercatat berdiri di semua wilayah kecamatan di Kabupaten Karangasem, Bali bagian timur.

Dari gedung sekolah dasar sebanyak itu, 8,31 persen di antaranya mendesak diperlukan upaya perbaikan karena dalam kondisi rusak berat, kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem I Gusti Ngurah Kartika, ketika dihubungi di Amlapura, Rabu (31/3).

Sementara untuk gedung SD yang mengalami kerusakan sedang, terdata sekitar 16,89 persen, tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem.

“Gedung yang paling banyak mengalami kerusakan terdapat di lima kecamatan, yakni Selat, Kubu, Bebandem, Abang dan Kecamatan Rendang,” kata Kadis Ngurah Kartika, menjelaskan.

Mengenai jenis kerusakan, Kadis mengungkapkan jenisnya bervariasi. Ada yang atapnya bocor, tembok retak, plafon jebol, dan ada juga yang nyaris seluruh bagian bangunannya keropos karena sudah termakan usia.

Ditanya tentang rencana perbaikan terhadap gedung-gedung tersebut, Ngurah Kartika menyebutkan masih harus menunggu anggaran dari APBD kabupaten dan bantuan alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

“Untuk perbaikannya pun akan dilakukan bertahap sesuai dengan kerusakannya. Tentu akan kami prioritaskan terhadap bangunan sekolah yang mengalami kerusakan berat,” kata Kadis Ngurah Kartika, menandaskan. 

Untuk diketahui, dari 357 bangunan SD yang dewasa ini berdiri di seluruh kecamatan Kabupaten Karangasem, 356 di antaranya merupakan SD negeri dan hanya 1 gedung milik sekolah swasta.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id