judul gambar
AdvertorialHeadlinesKarangasem

Promosikan Kopi Bali ke Pasar Internasional, Bupati Dana Buka Lomba Barista

Karangasem, LenteraEsai.id – Bupati Karangasem I Gede Dana membuka Lomba Barista Kopi Bali di Taman Soekasada Ujung, Sabtu (20/3), serangkaian memperingati Hari Ulang Tahun ke-48 PDI Perjuangan yang mengusung tema utama ‘Berkepribadian Dalam Bidang Kebudayaan’ dan sub tema ‘Implementasi Nangun Sat Kerthi Loka Bal’.

Lomba Barista Kopi Bali ini digelar guna menggaungkan produk kopi Bali ke pasar internasional, termasuk menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara. Lomba tampak digelar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes).

Ketua Panitia Lomba Barista Kopi Bali, I Nengah Suparta menyatakan, lomba ini merupakan implementasi Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali. Dengan jumlah 12 orang peserta, lomba ini ke depannya diharapkan dapat membantu meningkatkan daya tarik wisata.

“Lomba ini dilaksanakan bekerja sama dengan Indonesia Food Beverage Executive (IFBEC), Indonesia Bartender Association (IBA) dan Asosiasi Barista Indonesia (ABI). Selama lomba, kami tetap menerapkan prokes dengan ketat, yakni mewajibkan setiap peserta dan panitia untuk rapid antigen sebelum mengikuti acara,” kata Suparta.

Bupati I Gede Dana yang hadir sebagai undangan dan sekaligus membuka lomba tersebut, menyatakan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya Lomba Barista Kopi Bali. Menurutnya, hal ini akan memberikan dampak yang baik terutama dalam bidang pariwisata.

“Inilah alasan kenapa lomba ini digelar di objek wisata Taman Soekasada Ujung. Tujuannya agar kita bisa membangkitkan kembali pariwisata. Bila semua komponen mau bergerak bersama-sama, pasti akan bisa membangkitkan pesona pariwisata yang kita miliki. Karena sesungguhnya kita memiliki banyak destinasi wisata, hanya saja belum dikembangkan secara maksimal,” kata Bupati Dana.

Bupati Dana menambahkan, selain untuk kepentingan menarik wisatawan, lomba ini juga digelar sebagai bentuk keberpihakan terhadap petani lokal Bali, terutama petani kopi Bali yang sesuai dengan arahan Gubernur Bali.

Di akhir sambutannya, Bupati Dana mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyelenggarakan Lomba Barista Kopi Bali. Ia berharap, peserta yang menjadi pemenang tetap mengasah kemampuannya agar ke depannya bisa membantu dalam mengenalkan kopi Bali kepada pasar internasional.

Sebelumnya, panitia juga telah dilaksanakan penanaman pohon, dengan harapan agar Karangasem bisa semakin hijau dan sekaligus melestarikan alam semesta. Selain itu juga ada giat bersih-bersih sampah plastik. (LE-Jun/KR1) 

Lenteraesai.id