judul gambar
HeadlinesKarangasem

40 Klien Kemasyarakatan Mendapat Bimbingan dari Bapas Kelas II Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Untuk memberikan pemahaman kepribadian jati diri terhadap para klien kemasyarakatan, Balai Pemasyarakat (Bapas) Kelas II Karangasem menyelenggarakan kegiatan bimbingan kepribadian untuk 40 orang klien kemasyarakatan, Rabu (17/3).

Kegiatan tersebut bertemakan ‘Untuk membentuk kepribadian yang tangguh, bebas narkotika dan siap berkontribusi bagi pembangunan nusa dan bangsa’.

Kadiv Pas Kanwil Hukum dan HAM Bali, Suprapto, mengatakan tujuan dari  kegiatan ini adalah untuk peningkatan kualitas perilaku maupun sumber daya manusia agar menjadi manusia yang lebih unggul.

“Dengan kegiatan ini diharapkan seluruh klien yang mendapat bimbingan kepribadian kemasyarakatan mendapat pengetahuan dan wawasan baru,” kata Suprapto didampingi Kepala Bapas Kelas II Karangasem, I Kadek Dedy Wirawan Arintama.

Selain itu, lanjut dia, klien juga diharapkan mampu melanjutkan kehidupannya dengan mengembangkan perilaku yang sesuai dengan norma masyarakat, di samping mereka juga diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berguna bagi bangsa dan negara.

“Selama ini klien kemasyarakatan yang terjerumus melakukan tindak kejahatan itu, antara lain karena imannya lemah terhadap pelajaran dan pengetahuan agama,” kata Suprapto, menjelaskan.

Kegiatan bimbingan kepribadian kali ini melibatkan tiga narasumber, yaitu dari Kodim 1623 Karangasem terkait dengan bela negara, dari STHAN Mpu Kuturan Singaraja terkait dengan agama, serta dari Yayasan Dua Hati terkait dengan bahaya narkoba.

Dedy Wirawan menambahkan, 40 klien yang mendapat bimbingan kemasyarakatan terdiri atas 4 orang dari Bangli, 3 orang dari Klungkung dan 33 dari Karangasem.

“Bapas Kelas II Karangasem sejauh ini menaungi 3 wilayah yaitu Kabupaten Bangli, Klungkung dan Kabupaten Karangasem,” kata Dedy Wirawan, menandaskan.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id