BadungHeadlines

Perbekel Taman Segera Tindaklanjuti Arahan Bupati Badung

Badung, LenteraEsai.id – Perbekel Desa Taman I Gusti Made Sudarpa menyatakan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

Ada tiga hal arahan yang mendesak dan penting untuk secepatnya dilakukan, yakni penanganan Covid-19, penangan sampah dan pengembangan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).

“Tiga hal itu menjadi penekanan dalam arahan Bapak Bupati pada pelantikan perbekel beberapa hari lalu,” kata Sudarpa kepada LenteraEsai (LE) di Kantor Perbekel Desa Taman, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Selasa (2/3).

Ditemui usai pisah kenal dengan Pj Perbekel Taman IB Wisnawa Kusuma, Sudarpa menyebutkan, pihaknya akan meningkatkan sosialisasi ke masyarakat tentang penanganan Covid-19 di desanya, antara lain mengenai penerapan protokol kesehatan (prokes) yang lebih baik dan benar.

Sosialisasi itu akan dilakukan bersama-sama dengan unsur Satgas Covid-19, baik yang ada di desa dinas maupun desa adat. “Bila perlu sosialisasi akan kami lakukan secara door to door (dari rumah ke rumah Red-),” katanya, bersemangat.

Sudarpa yang kembali memenangkan Pilkel Taman pada 7 Februari lalu mengatakan, kini masih ada pemahaman yang keliru di masyarakat dalam hal pemakaian masker. Banyak warga pakai masker asal-asalan (tidak benar). Yakni masker tidak menutupi hidung, melainkan hanya menutupi dagu, sehingga masker tidak berfungsi mencegah virus masuk. Ada pula warga kalau diberitahu memakai masker yang benar, jawabannya nyeleneh.

Sedangkan mengenai peningkatan penanganan sampah, ia mengaku akan memberi pembinaan pada petugas kebersihan. Termasuk akan melihat tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) yang representatif di tempat lain. Selama ini sampah yang telah terkumpul, dibuang ke kebun milik masyarakat. Ada pula yang dibuang ke TPA Suwung, Denpasar.

“Mesin penyacah sampah di TPST kami, tidak berfungsi, karena terlalu kecil. Maka setelah dipilah, sampah organik kami buang di kebun masyarakat. Sisanya dibawa ke TPA Suwung seminggu sekali,” ujar Sudarpa, menjelaskan.

Terus ada apa dengan BUMDes?. Menurut Sudarpa, BUMDes Taman sebetulnya sudah jalan. Tetapi perlu lebih dimaksimalkan melalui inovasi -inovasi dari para pengelola. Antara lain membuka bidang usaha baru sesuai potensi desa, sehingga bisa lebih berkembang dan meraih keuntungan yang lebih besar.

“Saya lihat selama ini pengelola BUMDes kurang inovasi. Itu yang akan kami arahkan nanti,” ujar Sudarpa, menandaskan.

Pamitan:

IB Wisnawa Kusuma yang 11 bulan menjadi Pj Perbekel Taman, pada Selasa (2/3/2021) itu berpamitan sehubungan tugasnya sudah berakhir, menyusul perbekel difinitif hasil Pilkel 2021, yakni I Gusti Made Sudarpa sudah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Badung, bersama-sama perbekel lainnya.

Acara pamitan Wisnawa Kusuma dikemas dalam acara pisah kenal dengan perbekel baru yang berlangsung di aula Kantor Perbekel Taman. Tampak hadir Camat Abiansemal IB Mas Arimbawa, Ketua BPD Taman dan anggota, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna, unsur PKK, staf perbekel, Linmas dan lainnya.

IB Wisnawa Kusuma datang bersama istri. Ia mengaku sangat berkesan selama bertugas menjadi Pj Perbekel Taman, karena mendapat dukungan semua pihak, yakni dari staf perbekel, adat dan unsur lainnya. Pria asal Desa Bongkasa yang suka humor itu menyatakan kalau belakangan ini kegiatan sangat terbatas lantaran situasi Covid-19.

“Saya menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang sudah mendukung sepenuhnya selama saya jadi Pj Perbekel di sini. Saya selalu akan mengingat Taman dan tetap akan menjalin komunikasi,” ujar Wisnawa Kusuma, berjanji.  (LE/Ima)

Lenteraesai.id