judul gambar
BadungHeadlines

Pj Perbekel Taman Kagumi Potensi dan SDM Desa Taman yang Tersebar di Mana-mana

Badung, LenteraEsai.id – Penjabat (Pj) Perbekel Taman, Ida Bagus Wisnawa Kusuma (48), mengaku kagum dengan potensi yang dimiliki Desa Taman, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

Tidak hanya potensi alamnya, ternyata sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Desa Taman juga cukup banyak yang berbobot dan tersebar di mana-mana, ujarnya.

Setelah ditunjuk menjadi Pj Perbekel Taman oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, ia mengaku langsung terjun ke masyarakat. Sowan kepada tokoh-tokoh desa yang tersebar di 12 banjar atau dusun.

Sejak menjabat perbekel itu juga, IB Wisnawa Kusuma mengaku selalu hadir di tengah-tengah masyarakat pada momen-momen tertentu. “Saya awali dengan melakukan persembahyangan di Pura Kahyangan Tiga, di tiga Desa Adat yang ada di Desa Taman. Bersama Ketua BPD, Bendesa Adat, Kelian dan lainnya,” ucapnya dalam perbincangan dengan LenteraEsai (LE), Senin (15/2/2021) siang.

Setiap ada warga yang meninggal dunia, IB Wisnawa Kusuma, mengaku datang melayat ke rumah duka. Menyampaikan ikut berbelasungkawa.

Mengenai potensi Desa Taman yang dikagumi Pj Perbekel Taman, antara lain potensi pertanian dalam arti luas. Yakni hamparan sawah yang masih utuh berfungsi untuk usaha pertanian. Hampir tidak ada lahan pertanian (sawah) yang beralih fungsi di desa ini. Belum lagi lahan-lahan kering (tegalan) yang lumayan luas, yang rata-rata berisi tanaman kelapa, buah-buahan seperti durian, manggis, wani dan lainnya.

“Potensi pertanian di desa ini (Taman) saya lihat luarbiasa. Tinggal petani memaksimalkan usaha pertaniannya. Baik ketika menanam padi maupun palawija,” papar ASN Pemkab Badung ini. Dikatakan, petani hendaknya memilih bibit unggul didukung teknologi pertanian. Juga terus meningkatkan keterampilan. Intinya petani harus rajin mengurus tanamannya.

“Saya juga melihat masyarakat di sini memiliki usaha ternak. Berupa ternak sapi, ayam, itik dan babi. Ada skala kecil dan menengah. Semua petani memelihara sapi, minimal 1-2 ekor. Cuma ternak babi sedang drop karena wabah virus,” katanya.

Berkaitan dengan itu, kata IB Wisnawa Kusuma, tidak salah kalau Desa Taman dicanangkan sebagai desa ternak. Memang semua ada, sehingga kini tinggal meningkatkan dan mengembangkan di bawah pembinaan pemerintah dan dukungan modal dari lembaga keuangan, baik yang ada di desa seperti Lembaga Perkreditan Desa (LPD), BUMDes dan koperasi, maupun dari perbankan.

Bukan hanya itu, Pj Perbekel Taman pun melihat potensi kerajinan dan seni budaya yang luar biasa di Desa Taman. Banyak warga sebagai tukang ukiran kayu untuk ornamen rumah, tempat suci (merajan dan pura), juga perajin sanggah dari kayu, padas dan batu hitam.

“Kesenian berupa seni tari, tabuh dan sastra berkembang di sini. Nanti kalau pariwisata sudah pulih, bisa bekerja sama dengan biro perjalanan. Di sini bisa bikin stage untuk menghibur,” ujar IB Wisnawa Kusuma, bersemangat.

Mengenai SDM Desa Taman, IB Wisnawa Kusuma menyebutkan sudah sangat memadai. Sudah merata di tiap banjar, sudah banyak yang berpendidikan tinggi. Ketika dicari SDM yang mengusai TI (teknogi informasi), tidak sulit mendapatkan. Misalnya saat mencari personel KIM (kelompok informasi masyarakat) dan untuk bagian lainnya.

“Mereka banyak juga yang bertugas di luar daerah. Mereka bisa dipakai pengalamanya untuk membangun desa,” ujarnya. Pria tiga anak itu mengatakan, tidak akan ada habisnya kalau seluruh potensi Desa Taman dipaparkan.

“Karenanya, bagi warga yang sehat dan giat dalam bekerja, nampaknya tidak sulit untuk dapat mencapai kemakmuran. Bisa menyekolahkan putra -putrinya dan menjalankan kewajiban adat, agama dan menyamabraya,” katanya.

IB Wisnawa Kusuma mengaku bersyukur dan senang ditugaskan menjadi Pj Perbekel Taman. Bisa menambah pergaulan dan tambahan pengalaman mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat.

ASN yang berasal dari Desa Bongkasa itu, ditunjuk menjabat Pj Perbekel Taman sejak April 2020. Tugasnya akan berakhir setelah perbekel difinitif nantinya dilantik oleh Bupati Badung, dan ia akan kembali ke tempatnya berdinas di Bagiam SDM Pemkab Badung.  (LE-Ima)

Lenteraesai.id