judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Pemkab Gianyar Segera Lantik 7 JPT Pratama

Gianyar, LenteraEsai.id – Sejumlah Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Pemkab Gianyar mengalami kekosongan pascapensiunnya para pejabat yang mengisi jabatan tersebut pada akhir tahun 2020 lalu.

Untuk mengisi kekosongan itu, Bupati Gianyar Made Mahayastra sejak tahun 2020 lalu telah membuka lowongan bagi ASN Gianyar yang memenuhi syarat untuk mengajukan lamaran guna menduduki suatu jabatan tertentu yang kosong.

Seleksi untuk yang melamar telah dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel) yang diketuai Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan (Asisten II) Setda Kab Gianyar Drs I Made Suradnya MSi, dan Sekretaris Pansel Dewa Gede Alit Mudiarta SE MM. Selain itu, tim Pansel juga terdiri atas 3 orang akademisi yakni Prof Dr IB Wyasa Putra SH MHum, Dr AA Gde Raka, dan Drs Supriadi MPsi.

Tercatat sebanyak 21 orang yang mengajukan lamaran untuk mengisi 6 posisi jabatan yang lowong. Para peserta telah mengikuti tes psikologi pada 19 dan 20 November tahun lalu. Tahapan seleksi berupa tes wawancara, penilaian karya tulis, dan presentasi dilaksanakan pada 29 Desember 2020. Hasil seleksi diumumkan tanggal 4 Januari 2021 dan langsung dilaporkan kepada Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Laporan yang disampaikan kepada KASN tersebut menyebutkan nama 3 pelamar yang memperoleh nilai tertinggi pada masing-masing posisi.

Laporan yang ditandatangani Bupati Gianyar Made Mahayastra tersebut juga meminta rekomendasi KASN untuk segera bisa dilaksanakan penetapan dan pelantikan JPT Pratama. Pada 7 Januari 2021 KASN menyetujui dan memberikan rekomendasi untuk segera dilakukan penetapan dan pelantikan.

Ketua Pansel Made Suradnya mengatakan pelantikan akan dilakukan pada Kamis (28/1) oleh Bupati Gianyar. Dikatakannya ada 6 JPT Pratama yang akan dilantik yakni Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala BKPSDM, Kepala DLH, Kepala Dinas Kominfo dan Kepala BPBD, ditambah 1 pergeseran atau mutasi. Dengan demikian, ada 7 pejabat setingkat eselon II yang akan dilantik hari Kamis.

“Tahapan seleksi telah kita laksanakan sesuai prosedur, persetujuan dan rekomendasi telah kita dapatkan dari KASN. Astungkara tanggal 28 ini (Januari 2021) akan dilaksanakan pelantikan,” kata Suradnya.

Sesuai aturan dan rekomendasi dari KASN, untuk meningkatkan kinerja para pejabat ini akan mendapatkan pembinaan melalui kontrak kinerja agar target kinerjanya terukur, serta peningkatan kompetensi dan evaluasi kinerja akan dilakukan setelah masa 1 tahun, ucapnya.  (LE-GN1)

Lenteraesai.id