judul gambar
HeadlinesKarangasem

Karangasem Siapkan Hotel Untuk Isolasi Mandiri bagi Warga Terjangkit Virus

Amlapura, LenteraEsai.id – Walaupun penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karangasem kini tergolong landai, namun bagi warga yang tertular Virus Corona tetap tidak diperkenankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Jadi sekarang tidak dibenarkan lagi ada warga yang terjangkit virus kemudian melakukan isolasi mandiri di rumah,” kata Sekda Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta kepada pers di Amlapura, Senin (25/1).

Petugas pada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karangasem yang dihubungi terpisah menambahkan, dari hasil pengkajian pihaknya, tidak sedikit kasus penularan virus di masyarakat terjadi sehubungan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 melakukan isolasi secara mandiri.

Dengan kata lain, warga yang diisolasi secara mandiri kemudian melurankan virus kepada keluarga atau tetangga yang berada di dekat tempat dilakukannya isolasi secara mandiri tersebut, ujar petugas.

Berkenaan dengan itu, Sekda Sedana Merta menegaskan, sekarang isolasi mandiri bagi penderita tidak lagi dilaksanakan di rumah, melainkan harus dikirim ke hotel yang sudah disiapkan dan dibiayai oleh pemerintah pusat.

“Untuk isolasinya akan dikirim ke Hotel Vacini yang ada di daerah Kesiman Kertalangu Denpasar, dan saat ini sudah diisi oleh 24 warga yang harus menjalani isolasi karena terindikasi positif Covid-19,” ungkap Sedana Merta.

Meskipun masih terbilang landai, tetapi Sedana Merta tetap mengimbau masyarakat agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, dan Satgas harus lebih ketat lagi dalam melakukan pemantauan terhadap masyarakat yang masih membandel, yang tidak menerapkan protokol kesehatan dengan benar.

“Jangan lengah, kita semua harus tetap waspada, baik itu masyarakat, ASN, maupun TNI dan Polri harus saling bahu-membahu supaya penyebaran Covid-19 ini terus mengalami penurunan di Kabupaten Karangasem,” kata Sekda Sedana Merta, menekankan.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id