judul gambar
HeadlinesKarangasem

Hujan Angin Ngamuk, Tujuh Pohon ‘Balbal’ dan Longsor Terjang dua Lokasi di Karangasem

Amlapura, LenteraEsai.id – Hujan lebat disertai angin kencang dalam beberapa hari terakhir membuat beberapa jenis pohon ‘balbal’ atau rebah bertumbangan. Tidak hanya itu, tanah longsor juga terjadi di sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Karangasem, Bali.

Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Ketut Arimbawa ketika dihubungi di Amparura, Selasa (19/1) mengatakan, dari laporan yang diterima pihaknya, hari ini setidaknya ada 2 bencana tanah longsor dan tujuh pohon yang tiba-tiba tumbang di lokasi berbeda di Kabupaten Karangasem.

Untuk mengatasi pohon tumbang dan tanah longsor tersebut, BPBD Kabupaten Karangasem mengerahkan TRC BPBD untuk melakukan penanganan, dibantu masyarakat di masing-masing wilayah yang ketiban bencana, sehingga penanganan nyaris sebagian besar sudah selesai dilakukan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah membantu tim BPBD secara gotong royong untuk ikut melakukan penanganan musibah yang timbul di sejumlah daerah,” kata Kalaksa Arimbawa

Kendati demikian, lanjut Arimbawa, khusus untuk lokasi longsor yang menimbun jalan rabat beton di Banjar Dinas Pekarangan, Desa Ngis, Kecamatan Manggis, kini belum bisa ditangani secara tuntas sehubungan volume material longsoran cukup besar, serta terdapat dua titik longsor di jalan yang sama.

“Rencananya Perbekel Desa Ngis akan melaksanakan gotong royong bersama warga, dan untuk waktunya nanti akan diinfokan belakangan kepada BPBD guna bersama-sama melakukan proses penanganan,” kata Arimbawa menandaskan.

Sejauh ini, baik bencana tanah longsor di dua lokasi di Desa Ngis maupun pohon tumbang yang muncul di tujuh lokasi berbeda di Kabupaten Karangasem, tidak dilaporkan menelan korban jiwa maupun luka-luka. (LE-Jun)

Lenteraesai.id