BangliHeadlines

Ogah Pakai Masker, Lima Orang Dihukum Fisik di Kintamani

Bangli, LenteraEsai.id – Belakangan ini kasus Covid-19 masih melejit tinggi di sejumlah daerah, termasuk di wilayah Kabupaten Bangli, Bali. 

Terkait hal itu, Tim Yustisi Gabungan dalam rangka pengendalian Covid-19 sesuai Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2021, hari Sabtu (16/1) menjaring 6 warga tanpa masker di wilayah Kintamani, Kabupaten Bangli. 

Lima dari pelanggar sebanyak itu langsung dijatuhi hukuman fisik, sedangkan seorang yang lain dikenai sanksi sosial.

Tim Yustisi Gabungan yang diterjunkan siang itu terdiri atas unsur TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli dan Pecalang. Tim antara lain menyasar tempat kerumanan orang yang ada di depan Pura Ulundanu Batur, Kintamani.

Sejumlah warga masyarakat yang melintas di depan Pura Ulundanu Batur juga diimbau petugas tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan seminimal mungkin.

Secara terpisah, Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana SIP memberikan apresiasi atas kegiatan Tim Yustisi Gabungan yang antara lain beroperasi di depan Pura Ulundanu Batur, Kintamani, yang biasanya banyak ditemukan orang berkerumun.

“Kegiatan ini penting dilaksanakan karena sepanjang Sabtu dan Minggu banyak pemedek atau warga yang datang untuk bersembahyang, termasuk yang berwisata menikmati akhir pekan di wilayah Kintamani,” katanya.

Oleh sebab itu, kata Dandim, agar tidak menimbulkan klaster baru, maka perlu diberikan imbauan bahkan penindakan terhadap warga yang terbukti melanggar protokol kesehatan.

Tim Yustisi Gabungan harus tetap konsisten untuk menyampaikan pentingnya melakukan 3M, yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker yang benar dan menjaga jarak minimal 1 meter, ujar Dandim, mengingatkan.

Pada kesempatan tersebut, Tim Yustisi Gabungan mengamankan 6 warga tanpa masker. Untuk memberikan efek jera, 5 di antaranya dijatuhi hukuman fisik, dan seorang lainnya diberi sanksi sosial.  (LE-BN)

Lenteraesai.id