judul gambar
HeadlinesKarangasem

Sembilan Kepala Dinas di Karangasem Kosong pada Awal Januari 2021 

Karangasem, LenteraEsai.id – Hingga awal Januari 2021 ini terdapat sembilan kursi kepala dinas di Pemkab Karangasem yang mengalami kekosongan, dan untuk sementara kekosongan tersebut diisi oleh pejabat pelaksana tugas (PLT).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karangasem I Gusti Gede Rinceg, Rabu (13/1) mengatakan,  kekosongan terjadi lantaran para kepala dinas yang sebelumnya menjabat kini sudah memasuki masa pensiun.

“Bahkan sampai bulan April mendatang, terdapat 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengalami kekosongan pimpinan,” ujarnya, menjelaskan.

Mengenai rencana lelang jabatan, Gusti Gede Rinceg menambahkan bahwa sesuai dengan SE Mendagri yang terakhir, tidak diperbolehkan melakukan pergantian pejabat sebelum bupati terpilih dilantik guna menjalankan tugas.

Setelah pelantikan bupati dilaksanakan, nantinya akan dilaporkan ke Mendagri untuk bisa dilakukan pengisian jabatan yang kosong tersebut melalui lelang jabatan.

“Tapi, itu tergantung kebijakan dari bupatinya nanti apakah mau diisi apa tetap di-Plt-kan. Jika dirasa tidak mengganggu penyelenggaraan pemerintahan, mungkin akan tetap dipegang Plt, tapi kalau dirasakan ada gangguan, tentu akan diisi melalui lelang jabatan,” kata Rinceg.

Selain kepala dinas, pada pejabat eselon III juga banyak yang kosong karena pensiun, seperti Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Sekretaris Dinas Pariwisata dan beberapa pejabat eselon III lainnya.

Hanya saja, Rinceg menambahkan sistem lelang jabatan ini sedikit mengalami kendala karena sulit mencari pendamping untuk pelamar. Karena dalam satu formasi jabatan minimal harus ada empat pelamar. Jika itu tidak terpenuhi, maka lelang akan diperpanjang sampai 15 hari ke depan, atau 15 hari yang kedua.

Dikatakan, jika dalam dua kali perpanjangan waktu belum juga terpenuhi, maka bupati boleh memilih salah satu pelamar yang dirasa mampu untuk diajak kerja sama dan mampu untuk menjalankan tugas-tugas dengan baik.

“Untuk dapat memenuhi formasi minimal empat pelamar. Kami imbau para ASN yang sudah memenuhi syarat, silahkan ikut ambil bagian dalam lelang jabatan tersebut,” kata Rinceg, menandaskan.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id