judul gambar
HeadlinesKarangasem

Pemkab Karangasem Berencana Bangun Gedung SMPN 6 Abang 

Amlapura, LenteraEsai.id – Pemkab Karangasem berencana membangun Gedung SMP Negeri 6 Abang di Desa Tista, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem pada tahun 2021 ini dengan menggunakan anggaran APBD Induk.

Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem I Gusti Ngurah Kartika d Amlapura, Selasa (12/1) mengatakan, anggaran yang disiapkan untuk pembangunan Gedung SMP Negeri 6 Abang tersebut sebesar Rp5 miliar.

“Sebenarnya sudah dianggarkan sejak tahun 2020, tapi pembangunannya ditunda karena anggarannya dialihkan untuk penanganan dampak Covid-19,” ujarnya, menjelaskan.

Sesuai rencana, Gedung SMP Negeri 6 Abang akan dibangun bertingkat di atas lahan seluas 1 hektare yang merupakan aset milik Pemerintah Provinsi Bali.

“Semoga pembangunan gedung sekolah yang akan menampung para siswa lususan sekolah dasar di kawasan Abang itu dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan apapun dalam tahun ini,” ucap Kartika berharap.

Gedung SMP Negeri 6 Abang dibangun sebagai solusi sehubungan jumlah siswa yang lulus SD di Kecamatan Abang dan sekitarnya dalam beberapa tahun belakangan ini cukup membludak.

Akibatnya, kata Kartika, beberapa SMP yang sudah ada tidak mampu menampung jumlah siswa yang cukup banyak tersebut, sehingga beberapa warga kemudian mengusulkan untuk dibangun gedung SMP yang baru.

Meskipun belum mempunyai gedung, SMP Negeri 6 Abang sesungguhnya  sudah merekrut siswa. Untuk proses belajar mengajarnya meminjam tempat di SD Negeri 1 Tista, tapi semenjak pandemi Covid-19 sampai sekarang seluruh siswa belajar secara daring.

Sehubungan dengan itu, Kadis Kartika mengharapkan Gedung SMP Negeri 6 Abang secepatnya dapat diselesaikan, sehingga tidak lagi harus nebeng pada ruang SD negeri yang ada di Tista.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id