judul gambar
HeadlinesKarangasem

Pergantian Tahun, Harga Tomat dan Bawang Merah di Karangasem Mulai Naik

Karangasem, LenteraEsai.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karangasem melakukan pemantauan ke pasar-pasar yang ada di Kota Amlapura, untuk memastikan kestabilan stok dan harga kebutuhan pokok menjelang perayaan tahun baru 2021.

Kepala Disperindag Kabupaten Karangasem I Wayan Sutrisna mengatakan, tujuan melakukan pemantauan ke pasar-pasar adalah untuk memastikan stok kebutuhan pokok tetap aman dan harga kebutuhan pokok menjelang pergantian tahun tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

“Sampai saat ini, hasil pemantauan kami terhadap stok kebutuhan pokok masih stabil dan untuk harganya juga cenderung stabil walaupun ada beberapa yang mengalami kenaikan,” ujarnya, pada Rabu (30/12/2020).

Sutrisna mengatakan harga bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan adalah di antaranya, cabai merah besar dari Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu, bawang merah dari Rp 25 ribu menjadi Rp 28 ribu, bawang putih dari Rp 20 ribu menjadi Rp 22 ribu dan tomat dari Rp 10 ribu menjadi Rp 12 ribu.

“Kenaikan beberapa harga barang tersebut disebabkan oleh kelangkaan stok pasokan barang karena hasil panen dari petani kurang bagus, tapi kenaikannya masih cukup stabil tidak terlalu signifikan,” jelasnya.

Walaupun beberapa barang kebutuhan pokok mengalami sedikit kenaikan, tapi untuk cabai rawit merah mengalami penurunan harga dari Rp 65 ribu menjadi Rp 60 ribu.

Sutrisna berharap, harga kebutuhan pokok tetap stabil sampai akhir tahun dan stok barang kebutuhan pokok tidak kurang, supaya tidak terjadi lonjakan harga yang signifikan.

“Kami akan terus melakukan pemantauan untuk mengetahui perkembangan harga dan stok agar tetap aman,” katanya menandaskan. (LE-Jun)

Lenteraesai.id