judul gambar
AdvertorialHeadlinesJembrana

Gubernur Bersama Pangdam dan Kapolda Cek Kesiapan Pemeriksaan Rapid Test di Pelabuhan Gilimanuk

Jembrana, LenteraEsai.id – Gubernur Bali Wayan Koster melakukan kunjungan kerja untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Rapid Test menjelang Hari Natal dan tahun baru 2021 di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana.

Dalam kunjungan ke pintu masuk wilayah Bali di bagain barat pada Rabu (23/12) itu, Gubernur Koster didampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, dan Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf.

Di lokasi kunjungan, gubernur dan rombongan mendengarkan beberapa penjelasan tentang Alur Pemeriksaan Surat Keterangan (Suket) Rapid Test untuk PPDN KTP Non Bali yang masuk dan keluar lewat Pelabuhan Gilimanuk.

“Untuk penumpang umum atau pribadi yang tiba di Pelabuhan Gilimanuk akan diarahkan ke Pos 1 untuk di Cek Suket Rapid Test-nya. Apabila dalam Suket itu sudah memenuhi syarat, maka petugas akan mengarahkan penumpang umum atau pribadi ke Pos 3 untuk mengikuti Cek Adminduk. Bila lengkap, bisa melanjutkan perjalanan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gede Wayan Samsi Gunarta di hadapan Gubernur Koster yang juga didampingi Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra.

Sedangkan penumpang umum atau pribadi yang tidak memenuhi syarat saat Cek Suket Rapid Test, maka petugas akan mengarahkan penumpang tersebut melakukan Rapid Test Mandiri. Apabila hasilnya negatif, maka penumpang ini diperbolehkan melanjutkan perjalanan, katanya, menjelaskan.

Sementara untuk kendaraan logistik yang tiba di Pelabuhan Gilimanuk, akan diarahkan oleh petugas ke Pos 2 untuk mengikuti Cek Suket Rapid Test. Apabila segala syarat Cek Suket Rapid Test terpenuhi, maka petugas akan memberikan kendaraan logistik tersebut stempel validasi hingga kemudian bisa melanjutkan perjalanan.

“Sedangkan kendaraan logistik yang tidak memenuhi syarat saat mengikuti Cek Suket Rapid Test, maka petugas akan mengarahkan mereka ke Pos 4 untuk mendapatkan Rapid Test Gratis. Apabila hasilnya negatif maka kendaraan logistik ini diperbolehkan melanjutkan perjalanan,” ujar Samsi Gunarta seraya menambahkan, berdasarkan data di lapangan, pihaknya sudah memulangkan sebanyak 14 penumpang umum dan pribadi di Pelabuhan Gilimanuk, terhitung sejakl 19 hingga 22 Desember 2020, karena terbukti mengalami positif Covid-19.

Tidak hanya penumpang umum dan pribadi yang dipulangkan karena mengalami Covid-19, namun angkutan logistik juga dipulangkan sebanyak 9 orang dari tanggal 19sampai 22 Desember itu. “Sehingga yang dipulangkan tersebut, secara otomatis tidak bisa melanjutkan perjalanan ke wilayah Bali,” kata Kadishub Samsi Gunarta.

Disisi lain, Kadishub melaporkan bahwa guna meningkatkan pelayanan kepada penumpang maupun angkutan logistik yang tiba di Pelabuhan Gilimanuk, maka pihaknya bersama TNI/Polri, Satpol PP dan Dinas Kesehatan, menempatkan personel siaga yang jumlahnya 94 orang per hari, dengan rincian 6 orang bertugas di Pos G1, 20 orang di Pos G2A, 24 orang di Pos G2B, 14 orang di Pos G3, dan 30 orang di Pos G4.

“Mengenai ketersediaan Rapid Test di Bali dapat kami laporkan juga, jumlahnya masih mencukupi berkat bantuan BNPB melalui Dinas Kesehatan Provinsi Bali sebanyak 70.000 unit Rapid Test, bantuan BNPB melalui KKP sebanyak 100.000 unit Rapid Test, dan bantuan Kesdam ke Gilimanuk sebanyak 3.000 dan Padangbai sebanyak 200 unit Rapid Test,” ucapnya, menjelaskan.

Mendengar hal itu, Gubernur Bali Wayan Koster kepada petugas di Pelabuhan Gilimanuk meminta agar bertindak tegas apabila menemukan adanya oknum yang membawa atau melakukan pemalsuan surat Rapid Test. “Saya juga minta jangan sampai ada petugas yang mudah disogok untuk meloloskan para penumpang atau angkutan logistik tanpa rapid test menuju Bali,” kata Gubernur Bali yang merupakan mantan anggota DPR-RI 3 periode dari Fraksi PDI Perjuangan ini saat melakukan rapat terbatas.

Di sisi lain, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang didampingi Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, juga mengajak seluruh petugas di Pelabuhan Gilimanuk untuk disiplin dan meningkatkan keamanan selama libur Hari Raya Natal dan menyambut tahun baru 2021 dalam situasi pandemi Covid-19.

Usai melakukan rapat terbatas, Gubernur Koster bersama Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf dan Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, melanjutkan kegiatannya dengan memantau kondisi di Pos Pemeriksaan Rapid Test Antigen dari KKP, kemudian dilanjutkan mengecek Laboratorium Klinik, memantau Posko Pelayanan Gratis Rapid Test Antigen Khusus untuk logistik, dan mengecek Ruang Pelaksanaan Tapid Test, serta Ruang Isolasi Reaktif.  (LE-JB1)

Lenteraesai.id