judul gambar
HeadlinesKarangasem

Pohon Tumbang ‘Agel’ Pengendara Sepeda Motor di Desa Ababi Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Sebatang pohon celagi atau asem setinggi 25 meter dengan garis tengah 1,5 meter, tiba-tiba tumbang menutup setengah badan jalan raya Tirta Gangga, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem pada Senin (21/12/2020) siang.

Selain menutup badan jalan raya, pohon yang tumbang tersebut juga ‘mengagel’ atau menimpa seorang pengendara sepeda motor yang kebetulan melintas di bawah pohon yang tumbuh di pinggir jalan itu.

Andi Pramandita, operator jaga pada Kantor BPBD Karangasem menyebutkan, pengendara sepeda motor yang ketiban pohon tumbang tersebut mengalami cedera yang cukup serius di bagian kepalanya.

“Sekarang korban sudah dibawa ke RSUD Karangasem untuk mendapat penanganan dengan cepat karena cedera yang dialaminya tergolong parah,” ujar Andi tanpa merinci idenditas pengendara yang mengalami musibah tersebut.

Sementara bagian batang dan ranting pohon yang menutup saparuh badan jalan, lanjut Andi, sempat mengganggu kelancaran arus lalu lintas yang cukup ramai di seputaran Tirta Gangga.

Tim BPBD Kabupaten Karangasem yang turun untuk melakukan penanganan di tempat kejadian, menduga bahwa bagian akar pohon sudah rapuh dimakan usia, sehingga mendadak tumbang karena tidak mampu lagi menahan tiupan arus angin yang cukup kencang sejak pagi hari sebelumnya.

Tim yang diterjunkan ke lapangan kini tenggah berusaha membebaskan bagian batang dan dahan pohon yang menutup sebagian badan jalan raya, guna secepatnya dapat memulihkan kondisi arus lalu lintas.

Petugas mengimbau masyarakat yang sedang berpergian hendaknya lebih berhati-hati saat melintas di bawah pohon perindang, karena hampir di seluruh ruas jalan raya wilayah Kabupaten Karangasem kini sedang  berhembus angin yang cukup kencang.  (LA-Jun)

Lenteraesai.id