judul gambar
DenpasarHeadlines

Antisipasi Hujan Angin Kencang, Pohon Perindang di Denpasar Dirompes

Denpasar, LenteraEsai.id – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar kembali mengintensifkan perompesan pohon perindang jalan, sebagai suatu upaya untuk memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat di jalan raya.

Hal ini dikarenakan sudah memasuki akhir tahun, di mana wilayah hilir Bali termasuk Kota Denpasar, identik dengan turun hujan disertai angin kencang.

Adapun kegiatan perompesan pohon tersebut kali ini dilaksanakan di beberapa titik, seperti di kawasan Jalan Arjuna, Jalan Antasura, dan kawasan Jalan Hayam Wuruk Denpasar.

Plt Kadis DLHK Kota Denpasar IB Putra Wirabawa saat dikonfrimasi Minggu (6/12), menekankan bahwa memasuki musim penghujan ini tentu sangat berpotensi terjadi angin kencang dan cuaca buruk. Selain itu, saat musim penghujan beban pohon perindang lebih berat dari biasanya.

Mengingat itu, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bersama, maka DLHK secara intensif melaksanakan perompesan pohon yang terlalu rimbun, sehingga mampu meringankan bebah pohon untuk meminimalisir terjadinya pohon tumbang.

Selain itu, menurut Gustra, pelaksanaan perompesan pohon perindang juga sebagai upaya untuk mempercantik wajah kota, sehingga terlihat rapi.

“DLHK secara rutin melaksanakan perompesan pohon perindang di seluruh ruas jalan Kota Denpasar, besar harapan masyarakat juga turut memberikan informasi tentang lingkungan sekitar khususnya pohon perindang yang dinilai penting untuk dilakukan perompesan,” ujarnya.

Gustra mengatakan bahwa secara berkelanjutan pihaknya akan melaksanaman pendataan dan pemetaan terhadap kondisi dan usia pohon perindang di Kota Denpasar. Sehingga apakah diperlukan penanaman ulang atau cukup dengan perompesan saja.

“Selain menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait pohon perindang, juga dilaksanakan pemetaan usia dan kondisi pohon untuk dilaksanakan perompesan rutin,” ucapnya.

Adapun saat ini DLHK telah melaksanakan perompesan di beberapa titik yang dilaksanakan secara rutin setiap hari dengan menyasar seluruh wilayah Kota Denpasar.  (LE-DP)

Lenteraesai.id