HeadlinesInternasionalNews

Fenomena Turunnya Salju di Musim Gugur, Undang Semangat Warga Rusia

Moscow, LenteraEsai.id – Rusia yang dulunya dikenal sebagai biangnya negara-negara persekutuan Uni Sovyet, setiap tahunnya dikenal memiliki empat musim, yaitu dingin, semi, panas dan musim gugur.

Musim dingin berlangsung antara bulan Desember-Februari, musim semi pada bulan Maret–Mei, panas antara Juni sampai Agustus, dan musim gugur di bulan September-November.

Namun demikian, pada kenyataannya musim-musim tersebut bisa saja berubah-ubah tiap tahunnya. Dengan kata lain, jatuhnya musim kadang tidak sama dengan periode dari bulan-bulan yang biasa berlaku pada tahun-tahun sebelumnya.

Sebuah kota di arah timur laut Moscow yang dikenal dengan Sergiyev Posad, merupakan kota wisata yang kaya akan nilai historis dan budaya daerah setempat. Salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi di kota tersebut, adalah sebuah cathedral, The Holy Trinity Lavra of St Sergius.

Koresponden LenteraEsai.id IGW Jayanegara dari Moscow melaporkan, hari ini, Rabu (21/10), pada pukul 10 pagi waktu setempat, turun butiran salju pertama di luar musim dingin, yakni pada musim gugur di Rusia. Salju pertama di musim gugur sangat berkesan serta memiliki arti dan mengundang semangat tersendiri bagi warga setempat.

Elena Mishina, seorang interior desainer muda yang berasal dari Kota Sergiyev Posad, dengan penuh antusias menceritakan turunnya salju pertama yang sangat menyenangkan dan mengundang tawa riang bagi anak-anak di salah satu kota bersejarah bagi Rusia itu.

Biasanya, lanjut Elena Mishina, salju ini hanya turun selama 2 hari saja, setelah itu reda kembali. Bahkan dalam beberapa tahun belakangan ini, salju di musim gugur jarang terjadi. “Maybe global weather changing,” ungkapnya.

Di Rusia pada bulan Oktober ini, sedang berlangsung ‘Golden Autumn’ atau musim gugur emas. Di mana daun-daun dari pohon Oak atau Ek, menguning bagaikan emas diterpa sinar mentari yang memancar lembut. Indahnya pemandangan ‘Golden Autumn’, banyak diabadikan pelancong dan warga Rusia dalam bingkai foto dan lukisan.

Elena Mishina menyarankan, untuk melihat pesona musim ‘Golden Autumn’ di Rusia, masyarakat dunia bisa mencermatinya lewat media sosial, seperti Instagram dengan #goldenautumn.

“Aktivitas masyarakat kota masih berjalan seperti biasanya, sekolah tetap buka seperti biasanya, tidak ada yang berubah,” kata Elena, menjelaskan.

Akan tetapi, acara makan malam di musim gugus emas dengan nuansa salju yang menakjubkan, akan menjadi lebih spesial bagi Elena karena kedua orang tuanya akan datang untuk berkumpul bersama di sebuah restauran.  (LE-JN)

Lenteraesai.id