judul gambar
BadungHeadlines

Sakit di Tengah Laut, ABK Kapal Ikan Meninggal Dalam Perjalanan Pulang ke Benoa

Badung, LenteraEsai.id – Muhammad Qoirul Huda (21), seorang anak buah kapal (ABK) KM Sanjaya-21, meninggal dunia di tengah laut dalam perjalanan berlayar pulang menuju Pelabuhan Benoa Denpasar, Bali.

Awak kapal penangkap ikan tersebut menghembuskan nafas yang terakhir setelah berada di atas KM Sanjaya-17 yang menjemputnya ke wilayah perairan Kepulauan Aru, Maluku, karena sakit.

Kasubbag Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi ketika dikonfirmasi, Senin (19/10) mengatakan, korban yang tengah menangkap ikan di perairan Kepulauan Aru, dijemput oleh KM Sanjaya-17 yang berangkat dari Benoa pada Rabu (4/10) lalu.

KM Sanjaya-17 yang dinakhodai Saifudin Fuad Hasan menjemput korban setelah menerima informasi dari Kapten KM Sanjaya-21, Junaedi, yang pada Selasa (3/10) lalu mengabarkan ada salah seorang ABK-nya yang menderita sakit.

Sayangnya, kata Iptu Sukadi, korban asal Dusun Krajan RT 003, RW 01, Desa Ngepon, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur itu nyawanya tidak tertolong. Dia menghembuskan nafas terakhir beberapa jam sebelum kapal yang penjemputnya itu sandar di Pelabuhan Benoa.

“Kapal yang diikuti korban itu adalah kapal penangkap ikan milik PT SBU. Saat berada di atas kapal KM Sanjaya-21 yang melaut untuk menangkap ikan, korban mengeluh sakit beri-beri,” ungkap Iptu Sukadi.

Adanya laporan seorang ABK KM Sanjaya-21 sakit, dilakukan penjemputan oleh KM Sanjaya-17, namun nyawanya tak tertolong dalam perjalanan dari perairan Kepulauan Aru menuju Pelanuhan Benoa

Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan di Pelabuhan Benoa, jenazah korban dievakuasi ke RSUP Sanglah Denpasar untuk dilakukan pemeriksaan medis mendalam. Belum diketahui secara persis penyakit yang diderita korban hingga meninggal dunia.

“Untuk mengetahui itu, makanya dilakukan pemeriksaan medis lebih lanjut. Yang jelas korban itu pulang dijemput kapal lain. Sementara kapal tempat dia bekerja masih melaut,” kata Iptu Sukadi.  (LE-BD)

Lenteraesai.id