judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlines

Wagub Cok Ace Dorong Asosiasi MICE Bersatu Untuk Bangkit di Tengah Pandemi

Denpasar, LenteraEsai.id – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mendorong agar asosiasi asosiasi MICE yang ada di Bali bersatu untuk kembali membangkitkan MICE di Bali di tengah pandemi Covid-19.

Wagub yang akrab dipanggil Cok Ace menyampaikan hal itu dalam pengarahannya pada acara penandatanganan nota kesepakatan antara empat asosiasi MICE dan Event di Bali, yaitu DPD ASPERAPI Bali, DPD IVENDO Bali, DPD INCCA Bali dan SIPCO Bali yang didukung Bali Tourism Board dan BaliCEB bersatu, di Kantor Bali Tourism Board di Denpasar, Selasa (13/10)

Lebih jauh Wagub Cok Ace menyampaikan bahwasannya Bali memilki potensi MICE yang luar biasa dan keberadaan MICE terbukti mampu menggerakkan banyak sektor, yang tidak hanya akomodasi tetapi juga sektor UMKM.

Adanya pandemi Covid-19 telah memberi imbas luar biasa terhadap industri MICE Bali, di mana banyak even-even besar tertunda karena adanya pandemi. “Namun kita tidak bisa hanya berdiam diri, kita harus berusaha untuk bangkit kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu sangat penting bagi asosiasi asosiasi MICE Bali bersatu untuk bangkit dan memenangkan persaingan. Kedepankan kebersamaan bukan kompetisi, kita harus bersatu untuk bisa bangkit,” ucapnya.

Ditambahkan Wagub Cok Ace, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terus melakukan berbagai upaya dan program untuk dapat membangkitkan industri pariwisata dan menggerakkan kembali perekonomian masyarakat. Salah satunya melalui penyelenggaraan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) serta special event. Karena industri MICE dan event memegang peranan penting dalam meningkatkan pendapatan Bali. “Untuk itu mari kita bersatu, kita susun bersama program kerja agar MICE Bali kembali bisa bangkit,” tuturnya.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, di mana di tengah situasi pandemi ini, hal yang terpenting yang harus dilakukan adalah bersatu, dengan bersatu akan bisa bertahan dan berkembang dalam situasi saat ini. “Potensi MICE Bali itu sangat besar, kita harus berkolaborasi bersama untuk kebangkitan MICE dan kemajuan Bali,” katanya.

Pandemi Covid-19 yang melanda telah mendorong empat asosiasi MICE dan Event di Bali yaitu DPD ASPERAPI Bali, DPD IVENDO Bali, DPD INCCA Bali dan SIPCO Bali sepakat membentuk sebuah wadah yaitu Bali MICE Forum yang dituangkan dalam sebuah deklarasi dan penandatanganan nota kesepakatan.

Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Wagub Bali, Kepala Perwakilan BI Bali, Ketua Bali Tourism Board IB Partha Adnyana serta perwakilan dari asosiasi.  (LE-DP1)

Lenteraesai.id