judul gambar
BangliHeadlines

Razia Manis Galungan di Kintamani, Petugas Temukan Warga Kantongi Masker

Bangli, LenteraEsai.id – Tim gabungan diterjunkan ke sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Bangli untuk melakukan penerapan hukum dan disiplin protokol kesehatan pada Hari Umanis Galungan, Kamis, 17 September 2020.

Operasi Yustisi dalam rangka penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan itu, dilakukan petugas gabungan sesuai Pergub Bali No.46 tahub 2020 sebagai upaya menekan angka penularan Covid-19 yang belakangan cukup merebak.

Operasi tampak dipimpin Kasat Sabhara Polres Bangli AKP Ida Bagus Ketut Karyawan dengan melibatkan personel gabungan dari kepolisian, Satpol PP Bangli dan instansi terkait.

Operasi antara lain menyasar kawasan objek wisata di Kintamani seperti area Penelokan dan beberapa restoran. Hasilnya, masih ditemukan warga yang sama sekali tak memakai atau membawa masker. Ada pula beberapa yang memakai masker namun hanya sampai menutupi dagu.

Lucunya lagi, petugas menemukan beberapa warga yang sengaja mengantongi masker. Mereka baru bergegas mengenakannya setelah mengetahui ada petugas operasi yang datang.

Kasat Sabhara menyebutkan, razia menjaring 8 pelanggar protokol kesehatan berupa satu orang tanpa membawa dan mengenakan masker, dan 7 lainnya salah dalam memakai masker.

“Oleh petugas, mereka dikenakan sanksi peringatan pertama. Sedangkan 1 orang tanpa menggunakan masker, diwajibkan memenuhi pemanggilan ke Kantor Satpol PP Kabupaten Bangli pada Jumat (18/9/2020) untuk dilakukan pembinaan,” katanya.

Operasi Yustisi ini akan berlanjut setiap hari di seluruh wilayah Bangli, ujar AKP IB Ketut Karyawan seraya mengimbau masyarakat untuk selalu dapat mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Caranya mudah dan sederhana, ingat 3 M. Menggunakan Masker, Mencuci Tangan pakai sabun di air mengalir, dan Menjaga Jarak,” ujar Kasat Sabhara, menandaskan. (LE-BL)

Lenteraesai.id