judul gambar
DenpasarHeadlines

Gempa Guncang Wilayah Karangasem dan Lombok Barat

Denpasar, LenteraEsai.id – Beberapa wilayah seperti Karangasem-Bali, Lombok Barat dan Lombok Utara-Nusa Tenggara Barat, dilaporkan mengalami guncangan gempa berkekuatan M=3,9 pada Selasa siang, 11 Agustus 2020 pukul 11.29.24 Wita.

Hasil analisa BMKG menunjukkan episenter gempa bumi berkekuatan M=3,9 itu terletak pada koordinat 8,28 LS dan 115,99 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 20 km barat laut Lombok Utara, pada kedalaman 10 km.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Drs M Taufik Gunawan mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar naik busur belakang (Flores Back Arc Thrust), ucapnya.

Mengenai dampak gempa bumi, M Taufik menyebutkan, berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara beberar III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah dan getaran terasa seakan-akan ada truk berlalu.

Untuk di wilayah Lombok Barat dan Karangasem, diketahui sebesar II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, ujar M Taufik.

Namun demikian, sejauh ini belum ada laporan yang menyebutkan tentang adanya kerusakan bangunan fisik atau jatuhnya korban akibat guncangan di tiga wilayah kabupaten tersebut.

Dikatakan, hingga pukul 12.05 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan

Kepada masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg, kata M Taufik, menjelaskan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id