judul gambar
DenpasarHeadlines

11 Pasien Covid-19 Sembuh, 8 Penderita Baru di Denpasar

Denpasar, LenteraEsai.id – Sebanyak 11 pasien dinyatakan sembuh, sedangkan penderita baru Covid-19 di Kota Denpasar per hari Sabtu, 8 Agustus 2020 dilaporkan sebanyak 8 orang.

Angka penambahan pasien baru itu diketahui tersebar di 4 wilayah desa atau kelurahan di Kota Denpasar.

“Hari ini pasien sembuh bertambah 11 orang, sementara kasus positif bertambah 8 orang tersebar di empat wilayah desa/kelurahan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, di Press Room Kantor Walikota pada Sabtu (8/8),  sembari menambahkan bahwa sebanyak 39 desa/kelurahan lainnya tercatat nihil penambahan kasus.

Secara rinci Dewa Rai menjelaskan, keempat desa/kelurahan yang melaporkan adanya penambahan kasus positif Covid-19, yakni Desa Peguyangan Kangin dengan 3 kasus positif baru, Kelurahan Dauh Puri 3 kasus, serta Desa Kesiman Petilan dan Kelurahan Pedungan yang mencatatkan penambahan masing-masing sebanyak 1 kasus.

Sementara itu, sebanyak 39 desa/kelurahan lainnya di Kota Denpasar hari ini mencatatkan nihil penambahan kasus positif baru, ujar Dewa Rai, menandaskan.

Lebih lanjut Dewa Rai menyebutkan, angka kesembuhan pasien dan penambahan kasus positif Covid-19 masih fluktuatif di Kota Denpasar. Di mana, di tengah banyaknya pasien yang sembuh, juga masih ditemukan kasus positif Covid-19. Karenanya, diperlukan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dewa Rai menambahkan, walaupun saat ini sudah memasuki adaptasi kebiasaan baru, namun kasus positif baru di internal keluarga dan pasien positif dengan riwayat perjalanan dalam daerah, masih menunjukan peningkatan. “Kedua klaster baru inilah yang patut kita waspadai bersama, mengingat adanya mobilitas penduduk yang cukup tinggi di Kota Denpasar,” katanya, mengingatkan.

Ia mengharapkan masyarakat lebih waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua klaster yakni klaster keluarga dan perjalanan dalam daerah, masih mendominasi kasus penularan. Hal ini mengingat arus mobilitas di Denpasar sangat tinggi.

Melihat perkembangan kasus ini, Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan Covid-19 agar tidak semakin meluas. Dalam dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 ini terdapat dua cara. Yakni tracing masif yang agresif disertai tes dan isolasi, serta kesadaran masyarakat untuk melaksanakan pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan.

Secara total pasien sembuh di Kota Denpasar kini menjadi 1.269 atau (90,70 persen), serta 14 (1,00 persen) orang meninggal dunia, dan 116 (8,29 persen) orang masih dalam perawatan. Sementara itu, angka kumulatif kasus positif tercatat sebanyak 1.399 kasus.

Untuk kasus positif  di Desa Kesiman Petilan diketahui seorang laki-laki usia 48 tahun, di Desa Peguyangan Kangin tiga orang perempuan usia 51, 25 dan 21 tahun, Kelurahan Pedungan seorang perempuan usia 36 tahun, Kelurahan Dauh Puri dua orang laki-laki usia 54 dan 18 tahun serta seorang perempuan usia 21 tahun, ucapnya. (LE-DP)

Lenteraesai.id