judul gambar
DenpasarHeadlines

Pasien Sembuh Bertambah 12 Orang, Kasus Positif Bertambah 10 di Denpasar

Denpasar, LenteraEsai.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Denpasar kembali mencatatkan penambahan kasus sembuh Covid-19. Di mana, jumlah pasien sembuh per hari Jumat (7/8) tercatat mengalami penambahan sebanyak 12 orang.

Demikian juga untuk kasus positif Covid-19 hari ini bertambah sebanyak 10 orang yang berasal 4 wilayah desa atau kelurahan di Kota Denpasar.

“Dapat kami sampaikan perkembangan kasus Covid-19 di Kota Denpasar sebagai berikut, kasus sembuh bertambah 12 orang, kasus positif bertambah 10 orang yang tersebar di empat wilayah desa/kelurahan, sementara sebanyak 39 desa/kelurahan lainnya tercatat nihil penambahan kasus,” ujar Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 Kota Denpasar di Press Room Kantor Walikota, Jumat (7/8).

Secara rinci Dewa Rai menjelaskan bahwa keempat desa/kelurahan yang melaporkan adanya penambahan kasus positif Covid-19 yakni Desa Peguyangan Kangin mencatatkan penambahan 4 kasus positif baru, Kelurahan Tonja yang mencatatkan penambahan 3 kasus baru. Selanjutnya Kelurahan Padangsambian mencatat penambahan 2 kasus positif baru, dan Desa Dauh Puri Kauh dengan 1 kasus positif baru.

Sementara itu, lanjut dia, sebanyak 39 desa/kelurahan di Kota Denpasar mencatatkan nihil penambahan kasus positif baru.

Lebih lanjut Dewa Rai menjelaskan, angka kesembuhan pasien dan penambahan kasus positif Covid-19 masih fluktuatif di Kota Denpasar. Di tengah banyaknya pasien yang sembuh, juga masih ditemukan kasus positif Covid-19. Karenanya, diperlukan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dewa Rai menambahkan bahwa walaupun saat ini masyarakat sudah memasuki adaptasi kebiasaan baru, namun kasus positif baru di internal keluarga dan pasien positif dengan riwayat perjalanan dalam daerah, masih menunjukan peningkatan. “Kedua klaster baru inilah yang patut kita waspadai bersama, mengingat adanya mobilitas penduduk yang cukup tinggi di Kota Denpasar,” ujarnya.

Dewa Rai mengharapkan masyarakat lebih waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua klaster yakni klaster keluarga dan perjalanan dalam daerah masih mendominasi sehubungan arus mobilitas di Denpasar sangat tinggi.

Melihat perkembangan kasus tersebut, Dewa Rai kembali mengingatkan semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan Covid-19 agar tidak semakin meluas. Karena dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 ini terdapat dua cara. Yakni tracing masif yang agresif disertai tes dan isolasi, serta kesadaran masyarakat untuk melaksanakan pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan.

Sementara itu, jumlah pasien sembuh di Kota Denpasar menjadi 1.258 atau (90,24 persen), 14 (1,00 persen) orang meninggal dunia, dan 122 (8,75 persen) orang masih dalam perawatan. Untuk angka kumulatif kasus positif tercatat sebanyak 1.394 kasus.

Kasus positif antara lain tercatat di Desa Dauh Puri Kauh yang menimpa seorang laki-laki berusia 47 tahun, Kelurahan Padangsambian dua orang laki-laki usia 50 dan 15 tahun, Kelurahan Tonja dua perempuan berusia 20 dan 53 tahun serta seorang laki-laki usia 9 tahun, Desa Peguyangan Kangin dua orang perempuan usia 27 dan 20 tahun serta dua orang laki-laki usia 60 dan 30 tahu. Sementara untuk kasus sembuh, terhitung 12 orang, ujarnya.  (LE-DP)

Lenteraesai.id