judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Pengunjung Pasar Tradisional Samplangan ‘Digeprak’ Untuk Adaptasi Dengan Kebiasaan Hidup Baru

Gianyar, LenteraEsai.id – Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 sekaligus guna mewujudkan situasi kondusif, Polres Gianyar bersama instansi terkait turun melakukan pengamanan sekaligus mendisiplinkan masyarakat untuk selalu patuh terhadap protokol kesehatan di Pasar Tradisional Samplangan, Kabupaten Gianyar, Senin  (20/7)

Kegiatan tersebut bertujuan untuk ‘menggeprak’ atau mendisiplinkan warga pedagang dan pengunjung di Pasar Samplangan agar mereka terbiasa dan beradaptasi dengan kebiasaan hidup baru, tentunya dengan mentaati protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Kabagops Polres Gianyar Kompol I Wayan Latra SH MH saat memimpin personel gabungan Polres, Polsek dan instansi terkait di jajaran Pemkab Gianyar mengatakan, gerakan kali ini dimaksudkan untuk lebih mendisiplin warga yang berada di pasat-pasar trasisional dalam mematuhi protokol kesehatan.

Seperti diketahui, beberapa pasar trasisional di Bali belakangan ini menjadi tempat penularan Virus Corona. Untuk di Pasar Samplangan, di bagian pintu masuknya dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas. Selain itu, petugas juga menekankan semua pedagang dan pengunjung memakai masker.

Petugas terdengar menyampaikan imbauan lewat pengeras suara yang terpasang di Pasar Tradisional Samplangan, serta beberapa dari mereka juga melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas.

“Personel memberikan imbauan kepada para pengunjung, dan apabila ditemukan ada pengunjung yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19, akan langsung diberikan teguran dan diperintahkan untuk kembali pulang ke rumah,” ujar Kabagops, menegaskan.

Pengamanan sekaligus pendisiplinan ini bertujuan untuk mengingatkan warga masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan cegah Covid-19, sehaliguus juga memperlancar arus lalu lintas yang sering krodit di kawasan pasar, katanya.

“Selain antisipasi kemacetan, kami juga selalu mengimbau masyarakat yang berkunjung ke pasar tradisional untuk dapat beradaptasi dengan kebiasaan hidup baru dengan selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak (social distancing) dan protokol kesehatan lainnya,” ucap Kabagops.

Dikatakan, masyarakat harus bisa beradaptasi kebiasaan hidup baru dengan protokol kesehatan telah ditetapkan Masyarakat tentunya tidak boleh terlalu bergembira dan tidak boleh menganggap keadaan sudah normal. Justru masyarakat sangat diharapkan untuk selalu mematuhi imbauan petugas yang bertugas di lapangan, katanya.

“Kembali saya tekankan bahwa adaptasi kebiasaan baru ini harus selalu dilakukan dalam kehidupan sehari hari, dan tentunya masyarakat harus tetap waspada dan tidak boleh menganggap semua keadaan telah normal seperti biasanya. Karenanya, dalam beraktivitas wajib disiplin terapkan protokol kesehatan, dan saya juga mengimbau para pengelola Pasar Tradisional Samplangan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan apabila tidak mematuhi protokol kesehatan kami bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Gianyar akan mengambil tindakan tegas,” ujar Kompol Wayan Latra.

Masyarakat juga diharapkan disiplin saat mengunjungi destinasi wisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 terutama penggunaan masker dan social distancing serta kepada para pemilik tempat usaha diminta untuk membatasi jumlah pengunjung. Sesuai protokol kesehatan, yaitu 50 persen dari daya tampung yang tersedia.

Seluruh rangkaian kegiatan personel gabungan Polres Gianyar dan instansi terkait yang terlibat melakukan upaya pengamanan dan imbauan siang itu, juga tetap berpedoman pada protokol kesehatan.  (LE-GN1)

Lenteraesai.id