judul gambar
HeadlinesKarangasem

Puluhan Rumah Tidak Layak Huni Direnovasi Pemkab Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Sebanyak 33 rumah tidak layak huni di 6 dusun di Desa Abang, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, mendapat perbaikan atau direnovasi dari pemerintah daerah setempat.

Puluhan prajurit Kodim 1623/Karangasem tampak diperbantukan dalam proses renovasi 33 unit rumah tersebut pada Kamis (16/7), untuk nantinya ditargetkan menjadi rumah tinggal layak huni (RTLH)).

Rehab rumah tidak layak huni menjadi RTLH itu merupakan Program Bantuan Stimulus Perumahan Swadaya (BSPS) yang digelontorkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Karangasen, bekerja sama dengan Kodim 1623/Karangasem.

Rumah penduduk di enam dusun atau banjar di Desa Abang yang mendapat bantuan tersebut, masing-masing 2 unit di Banjar Abang Jeroan, 13 unit di Banjar Abang Kaler, 7 unit Banjar Abang Kelod, 5 unit Banjar Kikian, 1 unit Banjar Tanah,dan 5 unit di Banjar Waliang, sehingga keseluruhannya menjadi 33 unit rumah tinggal.

Tanpa mengenal lelah dan penuh semangat, siang itu puluhan prajurit Kodim 1623/Karangasem bahu-membahu menyelesaikan proses pembanguan yang telah dimulainya sejak 9 hari lalu.

Prajurit tercatat melakukan proses renovasi hampir pada seluruh bagian rumah, mulai dari dari atap, dinding, hingga pada bagian lantai rumah, yang saat ini progresnya diperkirakan sudah mencapai sekitar 70 persen.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1623/Karangasem Kapten Inf I Wayan Suatma mengatakan, program RTLH masuk dalam daftar kegiatan Karya Bakti TNI Satuan Komando Kewilayahan Semester II TA.2020 dengan mengusung tema ‘Melalui kegiatan karya bakti yang adaptif kita ciptakan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh’.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberdayakan wilayah pertahanan demi menunjang tugas-tugas pokok TNI Angkatan Darat,” ujarnya, menjelaskan.

Salah seorang warga penerima bantuan rehab rumah tinggal layak huni BSPS, I Nyoman Selamet, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karangasem dan Kodim 1623/Karangasem yang sudah bekerja keras dan tidak mengenal lelah dalam merenovasi rumah-rumah warga

“Astungkara (syukur), progresnya saat ini sudah mencapai sekitar 70 persen, dan ke depannya, khususnya Bapak-bapak TNI anggota Kodim 1623/Karangasem, kami harapkan selalu berada di tengah-tengah masyarakat,” katanya, berharap.  (LE-KR) 

Lenteraesai.id