judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlines

Wagub Cok Ace Presentasikan Program Inovatif ‘Kami Datang Penglihatan Terang’

Denpasar, LenteraEsai.id- Pemerintah Provinsi Bali melalui inovasi pelayanan pada Rumah Sakit Mata Bali Mandara (RSMBM) berhasil masuk ke dalam 15 besar pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpanrb).

Untuk menuju ke top 5 atau 5 besar, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) melalui zoom meeting di Denpasar. Senin (13/7), secara langsung mempresntasikan inovasi RSMBM dengan judul ‘Kami Datang Penglihatan Terang’.

Dalam presentasi kepada tim penilai yang berdurasi 7 menit tersebut, Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa sesuai dengan visi Pemerintah Provinsi Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana, program inovasi tersebut dilaksanakan dengan memberikan pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat, khususnya masyarakat miskin yang jauh dari fasilitas pelayanan kesehatan serta dengan cara menjemput bola.

Selain itu, lanjut Wagun, latar belakang munculnya inovasi tersebut juga dari didapatkannya data bahwa tahun 2007 prevalensi kebutaan di Indonesia sebesar 0,9%, tertinggi di Asia Tenggara dan lebih tinggi dari prevalensi global 0,7%.

Angka prevalensi kebutaan di Provinsi Bali juga lebih tinggi dibandingkan Indonesia, yaitu sebesar 1% dengan penyebab utama adalah katarak senilis (80%). Bertitik tolak dari kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Bali berusaha untuk mengatasi penderitaan masyarakat melalui program inovatif yaitu ‘Kami Datang Penglihatan Terang’, ucapnya.

Melalui beberapa permasalahan tersebut, maka RSMBM melakukan beberapa strategi. Pertama, melalui pemberdayaan masyarakat dengan memberi pelatihan dan melakukan kolaborasi dengan TP PKK, mahasiswa yang sedang melaksakan kegiatan PKL dan kuliah kerja nyata di masyarakat, serta siswa sekolah dalam hal penjaringan pasien yang dicurigai menderita katarak dengan teknik hitung jari dalam jarak 3 meter.

Masyarakat yang dicurigai mengalami kebutaan akan didata dan dilaporkan ke RS Mata Bali Mandara melalui puskesmas setempat.

Kemudian yang kedua, dengan mendekatkan pelayanan kesehatan mata ke masyarakat berupa kegiatan skrining katarak dan operasi katarak menggunakan Mobile Eye Clinic (bus operasi). Selanjunya, juga dilakukan pola pendekatan strategis, yaitu membentuk Komite Mata Daerah melalui SK Gubernur, advokasi lintas sektor/program, kemitraan dan kolaborasi dengan masyarakat, PKK, LSM dan swasta dan juga peran serta mahasiswa melalui kegiatan KKN dan siswa sekolah melalui kegiatan UKS.

Selanjutnya Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa dari pelaksanaan inovasi tersebut, terdapat beberapa hasil yang sudah dicapai, yaitu angka kebutaan dari 1 % menjadi 0,3% ; Cataract Surgical Coverage Bali tertinggi di Indonesia 82,7%, sedangkan di Indonesia 50,1% ; 87.8% penderita telah mengalami perbaikan penglihatan.

Sedangkan WHO menstandarkan perbaikan penglihatan pascaoperasi katarak di atas 80%. Meningkatnya Cataract Surgery Rate di Provinsi Bali, yaitu 1.020,6 per 1 juta penduduk tahun 2010 menjadi 1.746 per 1 juta penduduk pada tahun 2018. Meningkatnya jumlah layanan luar gedung dari 1.353 di tahun 2010 menjadi 2.109 di tahun 2019.

“Bapak Ibu tim penilai, untuk diketahui bahwa inovasi ini telah diadopsi oleh beberapa daerah lain, baik dari sisi ide, metode, maupun teknologinya. Pada tahun 2018 RSMBM mendapat undangan sebagai narasumber dalam ajang transfer inovasi berskala internasional yaitu The International Public Service Forum 2018 serta diikutkan dalam Pameran Indonesia Melayani di Surabaya dan Solo sebagai ajang transferabilitas inovasi tingkat nasional,” kata Wagub Cok Ace.

Selanjutnya, Wagub Cok Ace menyampaikan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, RSMBM melakukan beberapa langkah, antara lain perluasan layanan keluar pulau dan provinsi dengan memberikan pelayanan operasi katarak di Nusa Penida, serta bekerja sama dengan Perdami dan CSR melakukan operasi katarak ke NTT, Situbondo dan Lombok Tengah, serta pengembangan layanan kesehatan mata untuk anak sekolah, dan skrining Retinopati Diabetik karena dari hasil survei yang mengambil beberapa sampel, 87% anak-anak sekolah mengalami gangguang penglihatan dan hal ini juga menjadi fokus penanganan dalam inovasi tersebut.

Untuk itu, dari seluruh paparan yang telah disampaikan, Wagub Cok Ace menarik kesimpulan, bahwa pertama keberhasilan inovasi berbanding lurus dengan komitmen pimpinan serta keberanian untuk melakukan reformasi pelayanan. Kedua, sinergitas terbangun dengan melibatkan banyak unsur di masyarakat. Ketiga, kebutaan katarak tidak akan pernah habis, karena Bali berada di daerah katulistiwa dengan prevalensi katarak cukup tinggi. Ke depan, hal tersebut perlu diintegrasikan dengan kegiatan Pos Binaan Terpadu dalam deteksi dini kebutaan

Keempat, lanjut Cok Ace, dengan berkembangnya teknologi informasi 4.0, sistem pencatatan dan pelaporan akan dikembangkan agar dapat mencakup seluruh lapisan masyarakat dengan aplikasi Sigalih (Sistem Informasi Gangguan Penglihatan).

Dalam presentasi tersebut, Wagub Cok Ace didampingi oleh Direktur RS Mata Bali Mandara Ni Made Yuniti, Kepala Biro Organisasi I Wayan Serinah, serta Kepala Diskominfos Provinsi Bali Gede Permana. Selanjutnya terdapat 12 orang Tim Panel Independen (TPI) KIPP 2020 yang melakukan penilaian pada kegiatan tersebut.  (LE-DP1)

Lenteraesai.id