judul gambar
AdvertorialHeadlinesKlungkung

Satpol PP dan Disdagperin Bali Pantau Pasar Galiran Yang Sempat Ditutup Terkait Covid-19

Semarapura, LenteraEsai.id – Seperti diketahui bersama, Pasar Galiran di Semarapura, Kabupaten Klungkung telah menjadi salah satu cluster baru penyebaran Covid 19 dengan adanya beberapa pedagang di pasar tersebut yang terindikasi positif Covid-19.

Berbagai langkah telah dilakukan pemerintah, yang salah satunya sempat menutup operasional Pasar Galiran selama tiga hari dari 22 sampai 24 Juni 2020. Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran yang lebih luas dari Virus Corona, sekaligus melakukan sterilisasi pasar. 

Sejak Kamis (25/6) pagi, Pasar Galiran mulai dibuka kembali. Namun upaya-upaya untuk memutus penyebaran Covid 19 di lingkungan itu terus dilakukan. Di samping penerapan kewajiban untuk menunjukkan hasil rapid test non reaktif bagi para pedagang, juga setiap orang yang datang ke pasar diminta untuk benar-benar mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Berkaitan dengan itu, diperlukan pengawasan serta edukasi yang dilakukan ke tengah-tengah masyarakat secara ketat, konsisten serta bersinergi dengan semua stakeholder terkait, sehingga penyebaran Virus Corona di pasar tradisional khususnya Pasar Galiran dapat ditekan. 

Selain itu juga perlu dipersiapkan posko terpadu yang nantinya akan melibatkan stakeholder terkait, baik itu Satpol PP, BPBD, Disdagperin Provinsi Bali dan Kabupaten Klungkung serta unsur kepolisian, TNI , para pecalang serta relawan untuk bersinergi bekerja bersama-sama dalam melakukan pengawasan serta edukasi terhadap para pedagang dan pembeli di pasar dalam upaya memutus mata rantai Covid-19. 

Menyikapi hal tersebut, Satpol PP Provinsi Bali yang dipimpin langsung Kasatpol PP  Dewa Nyoman Rai Darmadi bersama tim Disdagperin Bali,  turun langsung ke Pasar Galiran pada Jumat (26/6) untuk melakukan persiapan pos terpadu tersebut, serta memastikan pelaksanaan protokol kesehatan di pasar yang beroperasi dari pukul 06.00 hingga 18.00 Wita. 

Dewa Darmadi mengatakan, posko terpadu memiliki peran tidak hanya mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan para pengunjung pasar, melainkan tim yang tergabung dalam posko terpadu itu juga akan bertugas mengedukasi masyarakat terkait upaya-upaya pencegahan penyebaran  Virus Corona. 

“Nantinya tim dalam posko terpadu akan melakukan pengecekan penggunaan masker, memastikan adanya tempat cuci tangan termasuk di dalamnya ketersediaan air dan sabun, serta mengingatkan masyarakat untuk selalu mencuci tangan, menjaga jarak ketika berinteraksi serta melakukan pengecekan suhu tubuh,” ucapnya. 

Tidak hanya itu , secara berkala juga akan dilakukan pengumuman melalui pengeras suara untuk mengingatkan masyarakat akan protokol kesehatan. Dengan hadirnya posko terpadu dan Satgas yang terdiri dari semua stakeholder terkait, diharapkan baik pedagang maupun pembeli akan tertib dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan yang ada, sehingga rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan pasar dapat diputus, katanya. 

Padakesempatan tersebut, Kasatpol PP Provinsi Bali juga menyerahkan bantuan berupa masker, hand sanitizer, cairan desinfektan, dan vitamin bagi para petugas pasar. Bantuan diterima langsung oleh Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung Wayan Ardiasa. Selain itu  diserahkan pula bantuan masker dari Disdagperin Provinsi Bali.

Seusai menyerahkan bantuan, Kasatpol PP Provinsi Bali beserta rombongan berkesempatan turun langsung ke tengah pasar untuk memastikan penerapan protokol kesehatan baik oleh para pedagang maupun para pembeli yang ada di pasar pada pagi hari itu. 

Turut hadir dalam kesempatan kali ini Kepala BPBD Klungkung Putu Widiasa, Kepala UPT Pasar Klungkung  Komang Sugianta, Kadis Perhubungan Kabupaten Klungkung I Nyoman Sucitra, perwakilan Disdagperin Provinsi Bali,  unsur TNI/ Ppolri,  para pecalang serta para relawan. 

Masih dalam kesempatan yang sama, Kasatpol PP beserta rombongan juga berkesempatan meninjau persiapan posko terpadu sekaligus menyerahkan bantuan masker, vitamin serta hand sanitizer di Pasar Umum Klungkung. (LE-DP1)

Lenteraesai.id