judul gambar
HeadlinesKarangasem

Perahu ‘Ngelingeb’, Nelayan Abang Terdampar di Manggis

Manggis, LenteraEsai.id – Seorang nelayan bernama I Wayan Karda (60) yang berasal dari Dusun Lebah, Desa Purwakerthi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, diberitakan hilang saat melaut pada Kamis siang, 25 Juni 2020.

Setelah semalaman terombang-ambing gelombang di tengah laut, Wayan Karda akhirnya ditemukan terdampar di pantai kawasan Pengalon, Antiga, Kecamatan Manggis pada Jumat (26/6/2020) pagi.

Saat ditemukan, kondisi perahunya sebagian hancur. Bersyukur ia dalam keadaan selamat terdampar di dekat bibir pantai Pengalon, Antiga, meski mengalami sejumlah luka gores dan lebam.

“Perahu saya ‘melingeb’ diterjang ombak, pas sedang cari ikan,” ujar Wayan Karda dengan suara terbata-bata memberikan keterangan.

Saat ini, Wayan Karda berada di rumah Nengah Sari atau Moyo, seorang nelayan asal Antiga, Manggis, Karangasem, yang telah menolongnya. Luka yang dialami Wayan Karda kemudian diberi penanganan dengan diolesi obat, agar segera pulih.

Sementara itu, sebelumnya pada Kamis (25/6/2020) malam, Perbekel Desa Purwakerti I Nengah Karyawan telah memberikan laporan jika ada warganya yang hilang saat beraktivitas di laut.

“Warga kami Wayan Karda ini bekerja sebagai nelayan dan seperti biasanya berangkat melaut sekitar pukul 14.00 Wita bersama rekan-rekannya. Seharusnya, pukul 19.00 Wita sudah balik, namun hingga kini yang bersangkutan belum juga kembali,” ujar Nengah Karyawan.

Namun bersyukur, nelayan yang sudah tergolong renta itu menyusul ditemukan keesokan harinya oleh warga terapung-apung di atas perahu yang nyaris hancur di pantai kawasan Pengalon, Antiga.  (LE-KR)

Lenteraesai.id