judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Ny Surya Adnyani Mahayastra: Mendatang PKK Fokus Kegiatan Sosial

Gianyar, LenteraEsai.id – Tahun-tahun mendatang kegiatan PKK akan lebih difokuskan pada aksi sosial. TP PKK kabupaten dan PKK kecamatan akan turun langsung ke tengah masyarakat, mendatangi warga guna melakukan aksi sosial termasuk kegiatan posyandu.

Ketua TP.PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra mengatakan hal itu pada penyerahan hadiah bagi pemenang lomba Jambore PKK serangkaian HKG PKK ke 48 tahun 2020 dan lomba PKK KKBPKK-Kes tingkat kabupaten dan provinsi, di halaman belakang Kantor Bupati Gianyar, Kamis (25/6).

Hadir pada penyerahan itu, Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun, Kadis PMD Dewa Ngakan Ngurah Adi, Kadis Perindag Gianyar Luh Gde Eka Suary, Wakil Ketua 1 TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Diana Dewi Agung Mayun dan Wakil Ketua 2 Ny Dwikorawati Wisnu Wijaya.

Ny Surya Adnyani Mahayastra menekankan selama ini perayaan HUT HKG PKK seluruh Indonesia dirayakan secara seremonial. Namun setelah adanya instruksi dari Ketua TP PKK Ny Tito Karnavian yang mengimbau seluruh TP PKK agar lebih memfokuskan pada aksi-aksi sosial sesuai visi PKK yaitu mewujudkan keluarga yang sejahtera, menyusul kegiatan TP PKK dialihkan menjadi aneka kegiatan sosial.

“Kegiatan sosial yang digelar sesuai dengan hakekat PKK sendiri yaitu sebuah gerakan bagaimana kita sebagai mitra pemerintah bersama-sama menggerakkan masyarakat untuk membangun dan bagaimana menumbuhkan kesejahteraan ekonomi masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

Ditambahkan, karena ada pandemik ini, anggaran untuk kegiatan PKK di tahun 2020 sudah direlokasikan untuk bantuan pada masyarakat dan para kader terdampak di Kabupaten Gianyar.

“Kegiatan kami di PKK mulai bulan Maret hingga Desember 2020 sudah kami alihkan ke penanganan pencegahan Covid-19 ini,” ujar Ny Surya Adnyani Mahayastra, menjelaskan.

Terkait kegiatan lomba HUT HKG PKK, baik di kabupaten maupun provinsi, Ny Surya Adnyani Mahayastra mengucapkan selamat sekaligus terima kasih karena telah berusaha dengan baik, sehingga memperoleh hasil yang maksimal di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Istri Bupati Made Mahayastra ini juga kembali mengingatkan, apa yang menjadi materi dalam lomba tersebut seperti lomba yel-yel, penyuluhan masing-masing pokja PKK, UP2K, posyandu, PHBS, Hatinya PKK maupun pola asuh anak dan remaja (PAAR) sangat relevan dengan kondisi sekarang ini.

Seperti Hatinya PKK, bekerja sama dengan TP PKK Provinsi Bali, berbagai bibit tanaman sudah diberikan pada masyarakat. Ini sangat penting dalam ketahanan pangan keluarga di tengah pandemi ini.

Begitu pula halnya dengan UP2K atau usaha peningkatan pendapatan keluarga. Di mana saat ini banyak karyawan yang dirumahkan, mereka beralih membuat usaha rumahan, seperti membuat jajanan, kerajinan dan berbagai produk lainnya untuk dijual baik langsung mapun online.

“Tanpa kita sadari apa yang menjadi program- program di PKK sangat bermanfaat di masa pandemi ini. Jika itu benar-benar nyata kita terapkan dengan baik, saya yakin kita akan menjadi masyarakat yang tangguh,” katanya.

Terkait Hatinya PKK, Ny Surya Adnyani Mahayastra mengingatkan masyarakat bahwa bantuan bibit yang telah diberikan agar dimanfaatkan dengan baik. Jika sudah menghasilkan, agar bijinya disemai lagi, untuk membuat bibit baru. Ini sebenarnya inti dari bantuan Hatinya PKK, dari tanaman yang diberikan bisa ada bibit-bibit baru sehingga berkesinambungan dan mampu memberikan manfaat secara berkelanjutan.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun didampingi Ny Surya Adnyani Mahayastra menyerahkan hadiah bagi pemenang pelaksana terbaik lomba PKK-KKBPK-Kes tingkat Provinsi Bali. Di mana Desa Bona meraih juara 1 untuk lomba posyandu dan Desa Petulu Kecamatan Ubud meraih juara III untuk lomba PAAR.

Sedangkan pelaksana terbaik lomba Jambore PKK serangkaian HKG PKK ke 48 tingkat provinsi, Kabupten Gianyar berhasil meraih juara II lomba yel-yel atas nama Ni Made Astutiani dari Kecamatan Payangan, juara II lomba koor atas nama Ni Komang Puspadewi, juara I lomba UP2K atas nama Ni Made Yulia Tarina SKM dan juara III lomba Hatinya PKK atas nama Ayu Rostya Dewi Dalem dari Kecamatan Ubud. Selain itu, juga diserahkan penghargaan bagi para pemenang lomba yang sama di tingkat kabupaten. (LE-GA1)

Lenteraesai.id