judul gambar
HeadlinesKlungkung

Pasar Galiran Akan Ditutup, Ini Ungkapan Hati Pedagang

Semarapura, LenteraEsai.id – Pasar Galiran Klungkung yang akan ditutup selama tiga hari mulai 22 sampai 24 Juni 2020, mendapat respon yang cukup baik dari para pedagang yang berjualan di pasar tersebut.

Seperti yang diutarakan oleh Jro Mangku Luh Kisi, salah seorang pedagang asal Banjar Tegak, Kabupaten Klungkung yang mengaku setuju dengan ditutupnya Pasar Galiran selama tiga hari untuk tujuan menekan peredaran Virus Corona.

“Saya pribadi setuju dengan ditutupnya pasar selama tiga hari, karena ini untuk kebaikan kita bersama,” kata Mangku Luh Kisi saat diwawancarai wartawan di Semarapura, Sabtu (20/6/2020).

Pedagang yang berjualan berbagai bumbu dapur tersebut mengaku sudah berjualan di Pasar Galiran sejak 1970.

Ia menyebutkan, sejak Covid-19 merebak di Pulau Dewata, penghasilannya menurun sangat drastis. “Biasanya penghasilan saya rata-rata Rp1-2 juta per hari, tapi sekarang tidak sampai Rp1 juta,” katanya.

Sementara itu, Ni Nyoman Rening, pedagang lainnya yang berasal dari Desa Gunaksa juga mengaku setuju dengan dilakukannya penutupan Pasar Galiran.

“Mau nolak juga kan gak bisa, karena ini sudah menjadi keputusan pemerintah. Jadi ya kami nurut saja, toh untuk kebaikan kita semua juga,” katanya

Senada dengan Ni Nyoman Rening, beberapa pedagang lain mengaku mengurangi bahan dagangannya supaya bisa habis hingga besok, karena lusa pada hari Senin pasar sudah mulai ditutup.

Pengurangan jumlah mata dagangan itu terutama dilakukan para pedagang yang menjual buah-buahan, karena buah tidak bisa bertahan cukup lama, paling 4-5 hari sudah busuk. Jadi tidak mungkin dijual lagi setelah pasar dibuka kembali tiga hari berikutnya, sehingga stoknya kini dikurangi.

Sejumlah pedagang yang ditemui juga mengharapkan setelah ditutupnya pasar selama tiga hari ini, dapat mengurangi penyebaran Covid-19 supaya pasar bisa normal seperti sebelumnya.

Beberapa pedagang juga mengaku sangat berterima kasih kepada pemerintah terutama Bupati Klungkung karena sudah mau memperhatikan pedagang Pasar Galiran agar terhindar dari penularan Covid-19  (LE-Jun)

Lenteraesai.id