judul gambar
HeadlinesKlungkung

Hendak Kerja Proyek, Belasan Warga Jember Menyeberang ke Nusa Penida

Klungkung, LenteraEsai.id – Pria bernama Edi Bintoro (45) dan rekan-rekannya yang berasal dari Jember, Jawa Timur, baru saja tiba di Pelabuhan Tribhuana Kusamba, Kabupaten Klungkung, dan berencana menyeberang menuju Nusa Penida pada Selasa (9/6/2020).

“Saya baru balik dari Jember Jawa Timur dan hendak kerja proyek di Pulau Nusa Penida. Ini saya sudah bawa surat rapid test dari Jember,” kata Edi Bintoro ketika diwawancarai awak media massa.

Saat itu, Edi dan belasan rekannya hendak menyeberang ke Pulau Nusa Penida untuk melanjutkan kerja proyek pembangunan vila dan penginapan yang sempat ia tinggalkan mudik Lebaran ke kampung halamannya.

Sementara itu, sesampainya di Pelabuhan Tribhuana Kusamba, mereka langsung disambangi oleh petugas pelabuhan untuk dilakukan pemeriksaan. Mereka diminta cuci tangan terlebih dahulu, lalu diperiksa kelengkapan seperti KTP dan surat hasil rapid test negatif.

“Protokol kesehatan seperti ini evektif dilakukan sejak kemarin, jadi sampai saat ini tidak ada kesulitan yang berarti dalam menjalankan protokol ini,” kata I Made Suardika, petugas pengawas Pelabuhan Tribhuana Kusamba.

Suardika menambahkan bahwa yang menyeberang kebanyakan warga yang ber-KTP Klungkung, hanya beberapa saja yang berasal dari luar daerah.  “Aktivitas penyeberangan kini relatif sepi dibandingkan dengan sebelum mewabahnya Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, pengelola jasa penyeberangan menuju ke Nusa Penida I Made Shinta, tidak menampik kondisi itu karena saat ini jumlah penumpang yang menyeberang ke Nusa Penida dan sebaliknya sangat minim.Bahkan jauh dari ketentuan yang ditetapkan pemerintah yakni 50 persen penumpang dari kapasitas armada.

“Sekali berangkat rata-rata hanya berisi 25 persen sampai 30 persen penumpang saja,” ujar Made Shinta.

Dengan kondisi demikian, lanjut dia, pihaknya memutuskan untuk melayani 4 kali keberangkatan dalam sehari, yaitu 2 kali keberangkatan dari Kusamba ke Nusa Penida dan 2 kali keberangkatan sebaliknya dari Nusa Penida ke Kusamba.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id