judul gambar
HeadlinesKlungkung

Ribuan Warga Penerima BST Tahap 2 Antri di Kantor Pos Klungkung

Klungkung, LenteraEsai.id – Ribuan warga antre dan secara bergiliran menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk bulan ini yang sudah memasuki tahap kedua di Kabupaten Klungkung, Bali.

Warga masyarakat yang terdata sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM), menerima BST tersebut di kantor pos di masing-masing kecamatan di Kabupaten Klungkung.

“Kami sudah dari kemarin melakukan pembagian BST ini. Untuk yang kemarin, kami sudah membagikan kepada 557 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” kata Kepala Kantor Pos Kecamatan Klungkung Dewa Gede Rai, ketika ditemui di sela-sela kesibukannya melayani KPM, Minggu (7/6/2020).

Sedangkan untuk hari Minggu ini, lanjut Dewa Gede Rai, pihaknya membagikan BST kepada 710 KPM untuk enam desa di Kecamatan Klungkung, yaitu Desa Tojan, Jumpai, Kamasan, Selisihan, Satra dan Desa Gelgel.

Mengenai data penduduk yang menerima BST, Dewa Gede Rai menyebutkan,  dari masing-masing desa sudah melakukan pendataan tentang siapa-siapa saja yang layak menerima BST. Data tersebut kemudian dikirim ke Dinas Sosial untuk dimonitoring, selanjutnya dikirim lagi ke pusat baru kemudian dikirim ke kantor pos untuk dicairkan.

Untuk jadwal pengambilan, kantor pos sebelumnya telah bersurat langsung ke masing-masing desa, selanjutnya desa yang memberi tahu warganya yang menerima BST tersebut untuk datang ke kantor pos sesuai dengan hari dan jam yang sudah ditentukan oleh kantor pos, ucapnya, menjelaskan.

Dewa Gede Rai mengatakan, masing-masing KPM mendapat BST sebesar Rp600 ribu. Di mana uang sebanyak itu mereka terima secara langsung dan tunai tanpa ada pemotongan dalam bentuk apapun.

Mengenai jumlah KPM di Kecamatan Klungkung, ia mengungkapkan bahwa mereka yang telah terdata sebagai menerima BST sebanyak 2.210 keluarga.

“Untuk jam pengambilan BST kami mulai dari pukul 09:00 Wita sampai selesai,” kata Dewa Gede Rai sambil memanggil nama satu-persatu warga yang sedang antre untuk mengambil BST.

Ia menyebutkan, giat pengambilan dan penyerahan BST kepada warga sudah diatur sedemikian rupa disesuaikan dengan protokol kesehatan terkait Covid-19, yaitu jaga jarak dan memakai masker. Selain itu juga sudah disediakan tempat untuk cuci tangan dan hand sanitizer bagi setiap warga yang datang.

Dalam giat pengambilan BST itu tampak diawasi oleh petugas Babinsa dan Babinkamtibmas serta pecalang dari wilayah Desa Jumpai dan Desa Satra yang turun melakukan pengamanan dan penertiban guna menjamin kelancaran pembagian batuan sosial tersebut.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id