judul gambar
BadungHeadlines

Sebuah Mobil Tertimbun Tebing Longsor di Sempidi Badung

Badung, LenteraEsai.id –  Sepetak tebing perbukitan di daerah Sempidi, Kecamatan Mengwi, Babupaten Badung, Senin (1/6) sore tiba-tiba longsor setelah hujan turun cukup deras sejak semalam sebelumnya.

Material longsoran yang terdiri atas tanah merah bercampur patahan ranting dan bebatuan tidak hanya telah menutup ruas jalan raya yang menghubungkan Sempidi dengan Sading, tetapi juga menimbun sebuah mobil yang tengah melintas di jalan itu.

Sebuah mobil Karimun bernomor polisi DK-4488-UL yang dikemudikan  Yuni Kartika Sari  (38), tertimbun material longsoran yang berasal dari tebing setinggi kurang lebih 25 meter. Namun demikian, penduduk Jalan Wijaya Kusuma No. 6 Singaraja tersebut dilaporkan berhasil menyelamatkan diri.

Kabag Ops Polres Badung Kompol I Wayan Suana SH didampingi Kasatlantas Iptu Achmad Fahmi Adiatma SIK dan Kasat Sabhara Iptu I Ketut Suandi SH, kepada pers, Selasa (2/6) mengatakan, bencana tanah longsor di jalan raya Sempidi menuju Sading, tepatnya di sebelah selatan Setra Banjar Tegehe,  Desa Adat Sempidi, terjadi setelah hujan turun cukup deras.

Ia menyebutkan, hujan yang mengguyur daerah itu sejak Senin (1/6) pagi hingga siang berikutnya, tidak hanya telah menyebabkan timbulnya tanah longsor, tetapi juga terjadinya genangan banjir di sejumlah ruas jalan dan kawasan pemukiman penduduk.

“Material longsoran yang menutup ruas jalan sejak pukul 16.00 Wita itu, kini sudah berhasil ditangani tim gabungan yang terjun ke lapangan, sehingga arus lalu lintas berangsur normal, ” ujar Kompol Suana, menjelaskan.

Kompol Suana mengatakan, petugas gabungan berhasil menangani dengan cepat tanah longsor yang menutup jalan raya, sekaligus memberikan bantuan terhadap kendaraan yang tertimpa longsoran, sehingga aktivitas masyarakat kembali berlangsung seperti sebelumnya.

“Upaya itu bisa ditangani dengan cepat berkat adanya koordinasi yang baik antarinstansi terkait, sehingga alat berat seperti Damkar Badung, truk  pengangkut tanah dan Water Cenon polisi secepatnya dapat dikerahkan untuk melakukan membersihkan tumpukan material longsoran,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan, sejumlah alat berat di lokasi longsor bekerja dengan cepat untuk membersihkan tanah longsor yang menutupi jalanan, sehingga arus lalu lintas yang sempat terganggu kini kembali normal.  (LE-BD) 

Lenteraesai.id