judul gambar
Denpasar

Relawan Pramuka Peduli Semprotkan Disinfektan di Gedung PWI Bali

Denpasar, LenteraEsai.id – Sejumlah relawan yang tergabung dalam wadah Pramuka Peduli Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali ambil bagian  dalam memutus mata rantai Virus Corona yang kini terus mewabah.

Pramuka Peduli sebelumnya telah turun ke sekolah-sekolah, desa/kelurahan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Kali ini, Rabu (27/5), giliran Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali di Denpasar yang disemprot dengan cairan yang sama.

Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan untuk mensterilkan area Gedung PWI Bali dari bakteri terutama Virus Corona yang begitu mengkhawatirkankan 

Tim Pramuka Peduli Kwarda Bali membawa alat penyemprot dan mengerahkan relawan yang dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). “Kami berupaya melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan di Gedung PWI,” ujar Mayor Laut Bagus Partha Wijaya selaku Ketua Satgas Pramuka Peduli Kwarda Bali.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, Kwarda Bali berkontribusi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, salah satunya dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan, serta menyerahkan bantuan paket pencegahan Covid-19, di antaranya handsanitizer, sabun cuci tangan, vitamin, bibit disinfektan dan masker. 

Pada kesempatan itu, I Made Rentin yang juga selaku Kepala Pelaksana BPBD Bali, menyerahkan wastafel portableyang dapat digunakan untuk mengedukasi pengunjung Gedung PWI Bali agar senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun, sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19. 

Menurut Made Rentin, wartawan telah banyak membantu memberitakan perkembangan ilmu pengetahuan mengenai virus, termasuk upaya pencegahan dan penanganan serta informasi perkembangan Covid-19. Oleh karena itu, Kwarda Bali hadir dan memberikan apresiasi kepada seluruh wWartawan. Selain itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bal melalui Diskominfo meminta agar wartawan dapat dimasukkan sebagai kelompok masyarakat yang mendapat fasilitas dalam melaksanakan tugasnya, yakni dapat menjalani rapid test Covid-19.

“Bersama komponen lainnya, wartawan juga adalah garda terdepan dalam upaya memerangi Covid-19,” ungkap Rentin

“Kepada siapa lagi kita ini bertumpu pada informasi yang kredibel kalau tidak kepada para jurnalis. Para jurnalis kita telah membantu memonitor apa yang kita pikirkan, apa yang kita tahu, dan apa yang kita tidak tahu pasti,” ujar Rentin.

Sementara itu, Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra mengapresiasi dan menghargai langkah Pramuka Kwarda Bali melalui wadah Pramuka Peduli dalam pengabdiannya kepada masyarakat luas, khususnya kepada PWI Bali.  Menurutnya, bantuan yang diserahkan berupa paket pencegahan Covid-19 tersebut sangat bermafaat bagi pekerja media di tengah pendemi Covid-19 saat ini.  

Pramuka dalam situasi ini mengambil momentum yang tepat, untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa Pramuka itu bukan hanya tepuk tangan dan bernyayi saja.  Tetapi Pramuka khususnya Kwarda Bali melakukan hal yang positif seperti membantu penanggulangan dan mengedukasi masyarakat tentang Virus Corona, ucapnya.

“Kami sudah menginginkan kegiatan ini sejak lama tetapi baru kali ini kita mendapat respon positif, terutama dari teman-teman Pramuka,” ungkap Dwikora Putra. 

Ia berharap, ke depan masih ada pihak-pihak lain yang peduli terhadap wartawan dan rencana rapid test bagi wartawan dapat segera terealisasi, agar wartawan yang menjalankan tugas di lapangan dapat bekerja dengan nyaman tanpa keraguan.

Pada kegiatan tersebut, hadir juga beberapa pengurus Kwarda Bali, antara lain Wakil Bidang Pembinaan Aggota Dewasa I Made Miasa, Andalan Humas Selvina, dan Andalan Informatika Rudianto.

Sementara dari PWI Bali hadir pula Wakil Ketua Bidang Pembelaan /Advokasi Wartawan Dewa Suta Sastradinata, Wakil  Ketua Bidang Organisasi Emanuel Dewata Oja (Edo), Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar-Lembaga Ni Yoman Astini dan Budi Raharjo.  (LE-DP) 

Lenteraesai.id