judul gambar
HeadlinesKarangasem

Sebelum Musibah, Pengempon Pura Maksan Bingin Ratna Sari Dihantui Mimpi Buruk

Karangasem, LenteraEsai.id – Mimpi buruk yang kerap menghantui  beberapa pengempon Pura Maksan Bingin Ratna Sari yang terletak di Dusun Gunaksa, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali, seolah menjadi firasat akan terjadinya suatu musibah.

Ternyata benar, selang beberapa hari sejak mimpi buruk warga tersebut,  pada Rabu (20/5/2020) petang sekitar pukul 18.00 Wita, sebatang pohon yang berada di dekat pura tiba-tiba tumbang. Tidak hayal sejumlah bangunan pura yang tertimpa pun mengalami kerusakan.

Anehnya, hanya berselang sehari, bagian pohon yang sama kembali tumbang dan lagi-lagi menimpa bangunan pura. Akibatnya, hampir semua pelinggih yang ada di areal pura mengalami kerusakan seperti Sanggar Agung, Gedong Sari, Gedong Pengrurah, Bale Pesamuan, Bale Gong, Candi Bentar, Pengapit Lawang dan tembok penyengker di tiga sisi areal pura.

“Sebelum kejadian, hampir seluruh anggota keluarga saya sempat mendapat firasat lewat mimpi buruk. Macam-macam mimpinya, ya menakutkan seolah dikejar sesuatu,” tutur Wayan Antos, salah seorang pengempon pura tersebut kepada awak media baru-baru ini.

Menurut Wayan Antos, pohon yang roboh tersebut awalnya sempat kebakaran beberapa waktu lalu. Setelah kebakaran, pohon kemudian pecah menjadi tiga bagian sebelum akhirnya tumbang.

Terkait peristiwa tersebut, untuk tindakan selanjutnya pasti akan dilakukan suatu ritual. Hanya saja belum bisa dipastikan kapan akan digelar, karena masih nunggu rembug bersama seluruh pengempon pura, ujarnya.  (LE-KR6) 

Lenteraesai.id