judul gambar
HeadlinesNasional

Akibat Tanah Longsor, Satu Warga Meninggal Dunia

Bogor, LenteraEsai.id – Seorang warga dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa bencana alam tanah longsor yang terjadi di Desa Wangunjaya, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5).

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, berdasarkan laporan yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, disebutkan seorang warga meninggal dunia akibat tertimbun material longsoran setinggi empat meter, dan hingga kini belum ditemukan.

Selain itu, bencana alam yang dipicu oleh intensitas hujan tinggi dan kontur tanah yang labil juga menyebabkan empat warga mengalami luka-luka. Mereka sudah mendapatkan penanganan medis.

Mengenai kerusakan bangunan fisik yang ditimbulkan, Raditya mngungkapkan sebanyak 14 rumah yang dihuni 14 kepala keluarga (KK) dengan 51 jiwa, mengalami kerusakan, 1 majilis jami terancam dan 2 unit fasilitas mandi cuci kakus (MCK) juga rusak berat.

Sementara itu, sebanyak 69 KK/242 jiwa terpaksa mengungsi ke lokasi yang lebih aman, mengingat di kawasan bencana kondisi tanahnya diketahui cukup labil, ucapnya.

Hingga siaran pers ini diturunkan, Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bogor dibantu Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Babinsa, aparat desa setempat, Linmas desa, Satpol PP, Babinkamtibmas dan masyarakat setempat telah melakukan upaya lebih lanjut untuk pendataan dan evakuasi korban.

Selain itu, pihak desa dan masyarakat setempat juga membangun Posko Darurat, dapur umum, dan Posko Kesehatan. Sementara itu, para warga terdampak membutuhkan kebutuhan dasar berupa logistik tanggap darurat.  (LE-BG)

Lenteraesai.id